Yamaha NMax

Sultan Sepuh XIV: Cirebon Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Unggulan

  Senin, 19 Maret 2018   Faqih Rohman Syafei
Ilustrasi -- Sejumlah pengunjung menikmati area Keraton Kasepuhan, Cirebon. (ayocirebon/Faqih Rohman)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Karena letaknya yang sangat strategis dan ditunjang dengan berbagai akses transportasi, wilayah Cirebon berpotensi besar menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. 

"Cirebon letakanya dekat dengan ibu kota negara, dan berada di tengah pulau Jawa serta bermacam akses infrastruktur udara, laut, dan darat lengkap serta kekayaan sejarah, budaya, dan kuliner yang merupakan modal utama destinasi wisata unggulan," ungkap Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat beberapa waktu lalu kepada ayocirebon

Menurutnya, Cirebon dikaruniai oleh berbagai keunggulan di bidang sejarah yang panjang dan beragam budaya. Selain itu, warisannya pun masih terjaga hingga saat ini. Contohnya saja beberapa keraton yang ada di Kota Udang ini. Namun, untuk bisa mendatangkan wisatawan ke Cirebon diperlukan kreativitas dan kerja keras. “Tak hanya itu, promosi dan publikasi juga sangat penting," kata Arief.

Faktor lain yang harus ditingkatkan, lanjut Arief, adalah mendongkrak kunjungan wisatawan dengan meningkatkan kebersihan, ketertiban, keamanan, dan kenyamanan objek wisata. Pasalnya, belum semua stakeholder di Cirebon sadar akan potensi pariwisata bagi pemasukan kas daerah.

"Sinergikan semua aspek wisata, sejarah budaya, seni, permainan, kuliner, kesenian. Dan, tentunya itu perlu dukungan dari semua pihak baik dari internal keraton, pemda, dan masyarakatnya," kata Arief.

Arief pun berharap jika jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi - Sumedang - Dawuan) dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati bisa memberikan pada sumbangan terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Cirebon.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar