Yamaha NMax

Delapan Kelurahan Di Kota Cirebon Rawan Banjir

  Kamis, 06 Desember 2018   Faqih Rohman Syafei
Personel KPBD Kota Cirebon tengah mempersiapkan peralatan penyelamatan. (Faqih R Syafei/ayocirebon).

KESAMBI, AYOCIREBON.COM--Delapan kelurahan di Kota Cirebon terkategori rawan banjir. Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon telah melakukan persiapan jelang puncak musim penghujan.

Berdasarkan pemetaan dan pantauan tahun lalu, dari delapan kelurahan terkategori rawan banjir tersebut, tidak seluruhnya wilayahnya termasuk rawan banjir, hanya terjadi di beberapa RW saja. 

"Titik banjir tidak akan jauh berbeda dengan tahun lalu. Kami pun sudah lakukan pemantauan ke beberapa kelurahan yang menjadi titik-titik banjir," kata Kepala KPBD Kota Cirebon, Agung Sedijono, Kamis (6/12/2018).

Dijelaskan, pihaknya terus menyiagakan seluruh personelnya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ketika musim penghujan. Walaupun, saat ini intensitas hujan di Kota Cirebon masih relatif rendah. 

"Kami optimalkan upaya pencegahan sebagai langkah antisipasi. Gubernur telah menetapkan siaga bencana banjir dan longsor dari 1 November 2018 - 31 Mei 2019," terangnya. 

Agung mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada pada musim penghujan, serta melakukan pencegahan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

"Jaga kebersihan lingkungan sekitar, dan jangan buang sampah sembarangan," pungkasnya.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar