Yamaha NMax

Dunia Usaha Didorong Ikut Andil Penanggulangan Bencana

  Kamis, 06 Desember 2018   Faqih Rohman Syafei
Rapat Koordinasi Pengurangan Risiko Bencana di Kota Cirebon. (Faqih Rohman Syafei/Ayocirebon.com)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM--Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon mendorong dunia usaha ikut andil terlibat dalam penanggulangan bencana.

Kepala KPBD Kota Cirebon, Agung Sedijono mengatakan dalam penanganan kebencanaan, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Tetapi lembaga usaha atau dunia usaha pun memiliki kewajiban dan perannya masing-masing. 

AYO BACA : Rawan Bencana, BPBD Kabupaten Cirebon Siagakan Tim Reaksi

"Banyak kewajiban dan peran serta mereka, mulai dari tahapan pra bencana, tanggap darurat, dan pasca bencana," katanya usai Rakor Pengurangan Resiko Bencana, Kamis (6/12/2018).

Dia menjelaskan dalam kondisi sekarang ini yang tengah memasuki musim penghujan, peran dunia usaha fokus sangat diperlukan, terlebih pada tahapan bencana guna membantu sesama. 

AYO BACA : Potensi Bencana Di Kabupaten Cirebon Cukup Tinggi

Lebih lanjut, disebutkannya dunia usaha bisa memberikan bantuan diantaranya pada pemenuhan kebutuhan dasar, pencarian dan penyelamatam korban, perlidungan dan pengurusan pengungsi serta pemuliham sarana dan prasarana. 

"Masuk musim penghujan seperti sekarang, tidak menutup kemungkinan terjadi bencana banjir bahkan bisa menimbulkan korban. Dunia usaha harus fokus pada pemenuhan dasar," jelasnya.

Dia menambahkan upaya peran serta dunia usaha dalam penanganan kebencanaan akan terus didorongnya dengan melibatkan sejumlah pihak, mulai dari pengusaha perhotelan, produksi, perbankan, dan perdagangan.

AYO BACA : Pemkot Cirebon Keluarkan Surat Edaran Bantu Korban Gempa


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar