Yamaha NMax

Ribuan Pengunjung Padati Taman Sari Goa Sunyaragi

  Selasa, 25 Desember 2018   Faqih Rohman Syafei
Goa Sunyaragi Cirebon. (Faqih Rohman Syafei/Ayocirebon.com)

KESAMBI, AYOCIREBON.COM--Taman Sari Goa Sunyaragi Cirebon merupakan salah obyek wisata favorit. Pada musim liburan ribuan pengunjung memadati obyek wisata tersebut.

Pengelola, Isyanto mengatakan Taman Sari Goa Sunyaragi Cirebon merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari Kesultanan Cirebon. Konon, bangunan ini dibangun oleh cicit Sunan Gunung Jati yakni Pangeran Kararangen pada tahun 1703.

"Usia bangunan dari Goa Sunyaragi sudah lebih dari 300 tahunan, ini adalah bukti sejarah peninggalan Kesultanan Cirebon," ujarnya, Selasa (25/12/2018).

AYO BACA : Objek Wisata Goa Sunyaragi Kini Dilengkapi Empat Wahana Baru

Dia menjelaskan nama Goa Sunyaragi berasal dari dua kata dalam bahasa Sansekerta yakni, sunya berarti sepi, dan ragi berarti raga. Dinamakan demikian tempat tersebut sebagai tempat beristirahat Sultan dan keluarganya.

Lebih lanjut, disebutkannya kini Goa Sunyaragi menjadi obyek wisata unggulan di Cirebon, setelah keraton. Pada hari biasa pengunjung mencapai 300-500 setiap harinya jumlah tersebut meningkat ketika akhir pekan.

Bahkan, sambung Isyanto memasuki musim liburan tak kurang dari 2.000-3.000 pengunjung setiap hari datang ke untuk berwisata. Rata-rata berasal dari Bandung, Jakarta dan Bogor serta daerah sekitar Cirebon.

AYO BACA : Lorong Goa Sunyaragi, Akses Menuju Tiongkok dan Mekah

"Pada musim liburan kali ini terjadi peningkatan yang cukup tinggi, kenaikannya mencapai 100% dibandingkan dengan hari biasa. Untuk tingkat kunjungan dari luar daerah sekitar 70% dan 30% untuk Cirebon," katanya.

Kenaikan jumlah pengunjung pada musim liburan sudah terasa sejak sabtu pekan lalu, diprediksi akan terus bertambah seiring dengan liburnya anak-anak sekolah.

Dia menambahkan selain memiliki nilai sejarah, Goa Sunyaragi kini menjadi buruan kaum milineal untuk berswafoto karena memiliki spot-spot foto yang instagramable.

"Disini pun terdapat beberapa wahana wisata pendukung seperti wahana flying fox, sepeda gantung, ayunan. Insya Allah tahun depam ada tambahan dua lagi," pungkasnya.

AYO BACA : Mitos Perawan Sunti di Goa Sunyaragi


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar