Yamaha NMax

Tarik Wisatawan, Pemkot Cirebon Agendakan Cifest

  Rabu, 09 Januari 2019   Erika Lia
Taman Goa Sunyaragi, salah satu obyek wisata di Kota Cirebon yang akan dijadikan lokasi puncak Cifest pada Februari mendatang. (Erika Lia/ayocirebon)

KESAMBI, AYOCIREBON--Targetkan 2 juta wisatawan sepanjang 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon mengagendakan Cirebon Festival (Cifest) Februari mendatang.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati mengungkapkan, Kota Cirebon memiliki beragam potensi maupun aset wisata. Cifest di awal tahun dinilai dapat mendorong eksistensi ragam seni dan budaya Cirebon.

"Kota Cirebon punya keraton, wisata religi, sampai wisata pantai," kata Eti.

Cifest diagendakan pada 16-17 Februari 2019 dan dilanjutkan pada 23 Februari bertajuk "Sound of Sunyaragi" yang menampilkan seniman Tohpati dan Dewa Budjana. Sunyaragi mengacu pada salah satu obyek wisata di Kota Cirebon berupa Taman Goa Sunyaragi.

Disiapkan sejak sekitar empat bulan lalu, Eti meminta even semacam ini berlanjut. Tak hanya berskala nasional, pihaknya menghendaki kelanjutannya hingga berskala internasional kelak.

"Kami yakin Cifest akan berjalan baik. Seluruh jajaran dinas terkait sudah berkomitmen untuk turut menyukseskannya," klaimnya.

Lebih jauh, dia berharap agenda wisata di Kota Cirebon diperbanyak. Dengan begitu, target 2 juta wisatawan sepanjang tahun ini dapat tercapai.

Penata kegiatan dari Foris sebagai event organizer, Andry Prihartono menyebutkan, Cifest bakal diawali pesta rakyat pada 16 Februari. Pesta ini dipandang sebagai pajangan aneka produk wisata di Kota Cirebon.

"Akan ada kolaborasi talent dan model nasional dengan seniman lokal. Termasuk ada video mapping untuk pertama kalinya di Kota Cirebon," ujar Andry.

Pada hari itu akan ditandatangani pula nota kesepahaman (MoU) untuk bidang pendidikan budaya dan pariwisata antara Pemkot Cirebon dengan salah satu provinsi di Korea Selatan. Selanjutnya, pada 17 Februari akan digelar jalan budaya ke sejumlah lokasi bernuansa kuno di Kota Cirebon.

"Pada 23 Februari ada pagelaran musik dan tari bertajuk Sound of Sunyaragi di Taman Goa Sunyaragi. Akan tampil Tohpati dan Dewa Budjana, yang berkolaborasi dengan budayawan dan artis lokal Cirebon," bebernya.
 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar