Yamaha NMax

Anak Kades Curi Dana Desa, Pembangunan Sempat Terhambat

  Jumat, 18 Januari 2019   Erika Lia
Tersangka pencurian dana desa yang merupakan anak kepala desa di Desa/Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, DSH (berbaju oranye), diamankan Polres Indramayu. (Erika Lia/ayocirebon)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM- Perbuatan anak kepala desa berinisial DSH yang mencuri Dana Desa Rp409 juta di Desa/Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, membuat pembangunan desa terhambat. Konflik sosial pun rentan terjadi.

Bendahara Desa Cikedung, Sutawijaya (37) membeberkan dampak aksi pencurian oleh DSH membuat aktivitas pembangunan, salah satunya berupa pengecoran jalan desa dan pembangunan rumah tidak layak huni (rutilahu), terhambat

Kondisi itu sempat memunculkan gejolak di tengah masyarakat yang menghendaki pembangunan segera dilaksanakan.

"Masyarakat terus meminta pembangunan dilaksanakan dan menanyakan waktunya," katanya.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban, menurut Sutawijaya, kepala desa Cikedung pun akhirnya merogoh kocek pribadi demi merealisasikan pembangunan desa.

Dia sendiri mengucap syukur, pencurian dana desa itu terungkap dan telah ditangani pihak berwajib. Sebelumnya, dia cemas mengingat perbuatan DSH telah menimbulkan keraguan masyarakat terhadap otorita desa setempat.

"Dana itu disimpan di lemari ruang kerja saya. Tapi, selain saya, dia (tersangka) juga menempati ruang kerja itu bersama saya," tutur Sutawijaya.

Tak sedikit orang yang mengarahkan kecurigaan terhadap DSH sebagai terduga pelaku pencurian. Dugaan itu menguat setelah polisi menyelidiki dan menemukan bukti.

Dana Desa Cikedung diketahui hilang dicuri pada 7 Desember 2018 siang ketika salat Jumat tengah berlangsung. Tersangka masuk ke ruangan tempat uang disimpan dan membobol kunci pintu lemari dengan parang, sebelum mencuri uang itu.

Dari tangan tersangka, polisi telah mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya uang tunai dan parang. Selain itu, disita pula sabu seberat 0,38 gram bersama alat hisapnya.

Sebelumnya, Polres Indramayu mengamankan anak kepala desa Cikedung berinisial DSH yang dilaporkan telah mencuri dana desa. Oleh tersangka, uang itu digunakan untuk kepentingan pribadi, salah satunya membeli sabu guna dikonsumsi kemudian.
 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar