Yamaha NMax

Awas! Longsor Hantui Kuningan

  Jumat, 08 Februari 2019   Erika Lia
Longsor. (Antara)

KUNINGAN, AYOCIREBON.COM--Longsor mengancam Kabupaten Kuningan setiap musim hujan. Sejauh ini, longsor telah menyebabkan seorang warga terluka.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin menyebutkan, intensitas ancaman bencana longsor di musim hujan meningkat. Pada Kamis (7/2/2019) sore, longsor bahkan melanda dua lokasi berbeda di Kuningan, masing-masing di Blok Cikuluwut, Dusun Kambangan, Desa Sumberjaya, Kecamatan Ciwaru, dan Blok Tanjakan Suren, Desa Citundun, Kecamatan Ciwaru.

“Longsor di kedua lokasi itu diawali hujan lebat selama beberapa jam,” beber Agus, Jumat (8/2/2019).

AYO BACA : Dampak Longsor, 3 Desa di Kabupaten Kuningan Masih Terisolasi

Di Desa Sumberjaya, longsor sempat menimbun seorang warga setempat, Hernawan (56), yang tengah beristirahat di sebuah saung sawah. Tanpa disangka, longsor datang dan menimbunnya.

Pihak keluarga yang kehilangan korban kemudian berupaya mencari. Dibantu aparat desa dan kecamatan, TNI, Polri, serta warga, korban ditemukan selamat pada Kamis malam dan segera dievakuasi ke RS KMC Luragung.

Dari hasil penanganan medis, korban diketahui menderita luka lecet dan sesak napas. Dia pun hanya diharuskan rawat jalan.

AYO BACA : Longsor di Kuningan, Satu Orang Tewas

“Korban sudah kembali ke rumah untuk proses pemulihan,” ujar Agus.

Sementara, longsor di Desa Citundun menutup akses utama jalan Desa Citundun-Desa Sumberjaya sepanjang sepuluh meter dan tinggi 80 cm. Longsoran bersumber dari tebing sawah setinggi 30 meter.

Kejadian itu praktis mengganggu aksesibilitas masyarakat sekitar. Jalan tersebut dapat kembali dilalui setelah warga bersama aparat desa dan kecamatan, TNI serta Polri, selanjutnya bergotong royong membersihkan material longsoran menggunakan waterpump, Jumat (8/2/2019).

“Dalam kejadian ini tak ada korban jiwa,” ujarnya.

Masih tingginya curah hujan di Kabupaten Kuningan diingatkan Agus harus diwaspadai masyarakat.

AYO BACA : Sekitar 276 Rumah Rusak Akibat Longsor di Kabupaten Kuningan


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar