Yamaha NMax

Gudang KPU Kabupaten Cirebon Disusupi Air, Ratusan Kotak Suara Melempem

  Sabtu, 09 Februari 2019   Erika Lia
Ratusan kotak suara Pemilu 2019 yang tersimpan di gudang KPU Kabupaten Cirebon di Kecamatan Plumbon, Sabtu (9/2/2019), dijemur setelah sempat terembesi air saat hujan deras sehari sebelumnya. Area lampiran
PLUMBON, AYOCIREBON.COM- Ratusan kotak suara yang tersimpan di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon basah akibat terendam air.
 
Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Saefudin Jazuli memperkirakan, 300 kotak suara basah. Hujan deras yang turun pada Jumat (8/2/2019) malam membuat sekitar gudang KPU di Kecamatan Plumbon, tergenang air.
 
"Masih kami sortir, jadi belum bisa kami pastikan jumlah kotak suara yang basah. Tapi ada ratusan, sekitar 300 kotak," katanya, Sabtu (9/2/2019).
 
Kondisi kotak suara yang basah diketahui pihaknya pasca hujan. Dia mengungkapkan, genangan air menelusup ke celah-celah gerbang pintu gudang setinggi sekitar 5 cm, hingga membasahi bagian bawah kotak-kotak suara yang tersimpan di sana.
 
Di dalam gudang sendiri, tercatat sedikitnya 33.500 kotak suara guna keperluan Pemilu 2019 pada 17 April nanti. Secara umum, KPU masih kekurangan setidaknya 27 kotak suara.
 
 "Di antara kotak suara yang basah memang ada yang rusak, tapi belum bisa kami pastikan jenis kerusakannya. Rata-rata, akibat air kotak suara itu jadi 'melempem'," akunya.
 
Dia menyebutkan, belasan kotak suara rusak dalam kejadian itu. Sejauh ini, pihaknya menjemur seluruh kotak-kotak suara yang basah di halaman gudang sebagai langkah awal penyelamatan.
 
Dia memprediksi, penjemuran akan memakan waktu dua hari atau hingga Minggu (10/2/2019) esok. Bila kelak ditemukan kotak suara rusak akibat kejadian itu, pihaknya menjamin akan menggantinya dengn logistik baru.
 
"Kami akan mengganti kotak suara kalau memang ada yang rusak sampai tak bisa digunakan," tegasnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar