Yamaha NMax

Aduh, Jumlah Kotak Suara Melempem di Kabupaten Cirebon Capai Seribuan

  Senin, 11 Februari 2019   Erika Lia
Kotak-kotak suara yang disimpan di gudang KPU Kabupaten Cirebon melempem akibat disusupi air pada Jumat (8/2/2019) malam. Hingga Senin (11/2/2019), KPU masih menyortir kotak-kotak suara yang melempem itu. (Erika Lia/Ayocirebon.com)

SUMBER, AYOCIREBON.COM--Jumlah kotak suara Pemilu 2019 yang melempem akibat tersusupi air di Kabupaten Cirebon sementara ini diketahui mencapai 1.436 kotak. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat merekomendasikan pemindahan gudang.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Cirebon, Sadarudin Parapat menyebutkan, sekitar 10% dari total kotak suara yang telah dirangkai untuk digunakan dalam pemilu April nanti rusak akibat terendam air. Jumlah kotak yang melempem pun dimungkinkan bertambah mengingat hingga kini penyortiran masih dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon.

“Sejak kejadian (pada Sabtu lalu) sampai Senin ini, KPU masih menyortir dan menghitung jumlah kotak suara yang rusak. Sementara ini, jumlah kotak suara yang rusak 1.436 kotak atau 10% dari total kotak suara yang sudah dirangkai sejumlah sekitar 14 ribu kotak,” paparnya kepada ayocirebon.com, Senin (11/2/2019).

AYO BACA : 1.228 Kotak Suara Pilkada Dibongkar

Menurut Sadarudin, penyortiran setidaknya dibedakan berdasarkan tingkat kerusakan setiap kotak, dari yang hanya terkena rembesan air sampai yang rusak. Meski memungkinkan jumlah kotak suara yang melempem bertambah dari jumlah hari ini, dia memastikan tak seluruh kotak dalam kondisi yang sama.

Total kebutuhan kotak suara untuk Pemilu 17 April 2019 di Kabupaten Cirebon sendiri sekitar 34 ribu kotak. KPU Kabupaten Cirebon hingga kini masih menanti tambahan 27 kotak suara, mengingat adanya penambahan 27 tempat pemungutan suara (TPS).

“Kotak-kotak suara yang melempem itu sejauh ini sudah dipindahkan ke gudang lain yang lebih aman. Memamg masih dalam satu area gudang KPU di Kecamatan Plumbon, tapi setidaknya lebih aman kalau nanti kejadian serupa terjadi lagi,” tuturnya.

AYO BACA : Gudang KPU Kabupaten Cirebon Disusupi Air, Ratusan Kotak Suara Melempem

Terkait insiden itu, Bawaslu Kabupaten Cirebon telah melaporkannya kepada Bawaslu Provinsi Jawa Barat. Pihaknya dalam hal ini menyarankan KPU untuk mencari lokasi gudang baru dan memindahkan seluruh logistik pemilu ke sana.

Dia tak menampik, kejadian yang menimpa ribuan kotak suara itu tak lepas dari faktor alam. Namun, selain mencari lokasi gudang baru, pihaknya menyarankan KPU untuk pula meletakkan seluruh logistik pemilu ke tempat aman.

“Kalaupun harus di gudang yang sekarang, setidaknya tempatkan logistik pemilu ke tempat yang lebih tinggi, misalnya memasang palet kayu sebagai alas,” cetusnya.

Langkah-langkah antisipasi harus kembali diperhatikan KPU guna menghindari insiden serupa atau bahkan yang lebih buruk, sekalipun kemungkinan ini tak diharapkan pihaknya. Melempemnya kotak suara di Kabupaten Cirebon bermula ketika hujan berintensitas tinggi terjadi di wilayah Kabupaten Cirebon pada Jumat (8/2/2019) malam.

Kejadian itu membuat sekitaran gudang penyimpanan logistik pemilu milik KPU Kabupaten Cirebon tergenang air dan menyusup ke celah-celah gerbang. Akibatnya, kotak-kotak suara yang tersimpan di dalamnya terembesi air.

AYO BACA : Kualitas Segel Kotak Suara Pemilu 2019 Mencemaskan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar