Yamaha NMax

Siap-siap Naik Citros Maret Nanti, Ini Tarif dan Rutenya

  Sabtu, 23 Februari 2019   Erika Lia
Layanan wisata untuk Kota Cirebon, Cirebon Tourism on Bus (Citros) berupa bus berwarna merah akan menjadi salah satu fasilitas penunjang sektor pariwisata di Kota Cirebon.
LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM- Bus wisata Citros yang merupakan kependekan dari Cirebon Tourism on Bus akan ditarif Rp5 ribu/orang. Diagendakan awal Maret mulai beroperasi.
 
Sekretaris DPC Organda Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon, Karsono menyebutkan, pemberlakuan tarif sesuai peraturan gubernur Jawa Barat. Citros sendiri digolongkan sebagai angkutan umum, semua orang bisa berkeliling kota dengan bus ini.
 
"Kami targetkan awal Maret ini beroperasi," katanya seusai peluncuran Citros di Keraton Kasepuhan Cirebon, Sabtu (23/2/2019) petang.
 
Citros diagendakan melintasi sejumlah destinasi wisata Cirebon yang diharap menarik minat wisatawan. Rute trip Citros sendiri diawali dari Gunungjati-kawasan kota tua Cirebon-Keraton Kasepuhan-Keraton Kacirebonan-Taman Goa Sunyaragi-Jalan Pemuda-Jalan Cipto Mangunkusumo-Jalan Kartini-Jalan Siliwangi-sentra batik Trusmi-Gunungjati.
 
Berdasarkan rute tersebut, Citros di antaranya melintasi kawasan wisata religi komplek makam Sunan Gunung Jati di Desa Astana Gunung Jati, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, kawasan kota tua Kota Cirebon, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, Taman Goa Sunyaragi, kawasan mal di Jalan Cipto Mangunkusumo, Balai Kota Cirebon dan Stasiun Cirebon di Jalan Siliwangi, hingga sentra batik Trusmi di Desa Trusmi, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon.
 
Berkapasitas 20 tempat duduk, Citros akan dilengkapi mini cafe dan mini distro dengan showcase oleh-oleh khas Cirebon, seperti t-shirt hingga kerajinan topeng Cirebon. Operator Citros terdiri dari pengemudi dan pemandu wisata.
 
"Citros ini juga dilengkapi GPS. Kami juga bekerjasama dengan Pemerintah Kota Cirebon memasukkan program ini ke website Wis Takon," sebutnya.
 
Warga yang hendak berwisata dengan Citros bisa memulai perjalanan di lokasi mana saja sesuai destinasi-destinasi yang telah ditetapkan tadi. Untuk melengkapi Citros, pihaknya berencana mendirikan halte-halte di sepuluh titik dengan konsep tertutup dan fasilitas yang membuat wisatawan nyaman.
 
Tak hanya itu, pihaknya juga merencanakan pembayaran dengan konsep e-money. Untuk ini, Organda akan mengoordinasikan dengan Bank Indonesia.
 
"Sejauh ini, pengoperasian Citros masih membutuhkan kelengkapan administrasi. Kami sedang urus surat-suratnya," tandas mantan anggota DPRD Kota Cirebon ini.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar