Yamaha NMax

The Gate of Secret, Undangan Kota Cirebon untuk Wisatawan

  Jumat, 01 Maret 2019   Erika Lia
Gedung Balai Kota Cirebon sebagai lambang Pemerintahan Kota Cirebon. Untuk mengundang wisatawan, Pemkot Cirebon membuat tagline city branding bertajuk 'The Gate of Secret'. (Erika Lia/ayocirebon)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM--The Gate of Secret menjadi tagline city branding untuk pariwisata Kota Cirebon. Sebuah undangan untuk mengeksplorasi kekayaan budaya berusia ratusan tahun dari kota ini.

Tagline city branding itu rencananya diluncurkan Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis pada acara Cirebon X-Pose 2019 dan Cirebon Creative Fashion Carnival, Sabtu (2/3/2019) hingga Minggu (3/3/2019) ini di depan Gedung British American Tobacco (BAT), Jalan Pasuketan, Kota Cirebon.

"Pariwisata Kota Cirebon butuh branding yang kuat," kata Azis, Jumat (1/3/2019).

The Gate of Secret yang berarti Gerbang Rahasia sendiri dipandang bermakna filosofis. Untuk sektor pariwisatanya ini, Kota Cirebon bermaksud 'menjual' kekayaan budayanya yang diklaim telah berusia ratusan tahun, mulai dari kesenian, adat istiadat, arsitektur, hingga kulinernya.

Tagline itu diharapkan mengundang rasa ingin tahu wisawatan yang berujung pada upaya eksplorasi dengan cara mengunjungi langsung Kota Cirebon.

"Segala sesuatu yang ada di Kota Cirebon bermakna filosofis, salah satunya kuliner sega jamblang yang menggambarkan keanekaragaman masyarakat Cirebon di masa lalu," tuturnya.

Penghormatan terhadap makna filosofis yang terkandung dalam budaya masyarakat Kota Cirebon, sambungnya, pada gilirannya membuat kota ini nyaman dan tentram. Secara keseluruhan, Kota Cirebon dinilainya layak dijajal wisatawan.

Penetapan tagline city branding selanjutnya bakal diformalkan dalam Surat Keputusan (SK) Wali Kota Cirebon Nomor 430/Kep.-DKOKP/2019 tentang Penetapan Branding di Kota Cirebon. 

Cirebon X-pose 2019 sendiri merupakan kegiatan yang digelar Pemerintah Kota Cirebon untuk mengakselerasi pengembangan kota sebagai salah satu destinasi wisata budaya unggulan di Jawa Barat. 

Ketua panitia Cirebon X-pose 2019 dan Cirebon Creative Fashion Carnival, Iing Daiman menyebutkan, dalam Cirebon X-pose akan diperkenalkan beragam kesenian dan produk-produk unggulan UMKM yang dimiliki Kota Cirebon kepada masyarakat luas.

"Kegiatan ini untuk mempromosikan produk-produk unggulan Kota Cirebon," terangnya.

Pada hari pertama kegiatan atau Sabtu (2/3/2019), sejumlah kesenian akan dipertunjukkan di antaranya permainan musik angklung, topeng, kuda lumping, debus, sintren, brai, tarling, tari tangan seribu, fashion show, drama musikal, dan palagan galuh.

"Termasuk launching Ciko Smart dan branding Kota Cirebon," ujar Iing yang juga Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistika (DKIS) Kota Cirebon ini.

Sementara, pada Minggu (3/3/2019) digelar penampilan barongsai, Cirebon Creative Fashion Carnival yang diiringi angklung PWY dan gardu musik. Tak ketinggalan, 29 stand berisi produk-produk unggulan UMKM Kota Cirebon, bazaar, BUMN dan instansi vertikal lain se-Kota Cirebon, menyertai gelaran hari terakhir Cirebon X-Pose 2019.
 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar