Yamaha NMax

Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Durian

  Rabu, 13 Maret 2019   Nur Khansa Ranawati
Penjual mengupas durian dalam acara Bandung Culinary & Durian Festival Vol. 2, Sabtu (9/2/2019). (Nur Khansa Ranawati/Ayo Media Network)

CIREBON, AYOCIREBON.COM -- Selama ini, durian diidentikan dengan buah yang kurang sehat, dan dikenal memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Oleh karenanya, durian kerap dihindari oleh penderita hipertensi ataupun gula darah.

Namun ternyata, mengkonsumsi durian dalam jumlah yang tidak berlebihan justru akan memberi Anda khasiat kesehatan. Pasalnya, buah berbau tajam ini juga mengandung sejumlah nutrisi lain seperti protein, serat, kalsium, dan magnesium.

Dilansir dari Boldsky, Rabu (13/3/2019) beberapa khasiat kesehatan yang dikandung durian di antaranya:

1. Meningkatkan energi

Karena buah durian tinggi karbohidrat, mengkonsumsinya akan membantu mengisi kembali tingkat energi Anda yang hilang. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu untuk dicerna, sehingga memicu kontraksi otot yang memberi tubuh Anda energi yang tahan lama. Alhasil, rasa letih dan lelah pun akab berkurang.

2. Membantu melancarkan pencernaan

Buah ini merupakan sumber serat yang baik, sehingga mampu menjaga kesehatan pencernaan. Sel-sel usus besar menggunakan serat sebagai bahan bakar yang membantu menjaga mereka tetap sehat. Serat juga menjaga saluran pencernaan Anda untuk dapat buang air besar secara teratur.

3. Mengurangi rasa sakit

Ekstrak cangkang durian diketahui mengandung obat penghilang rasa sakit dan antibiotik. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Southern Medical University, ekstrak cangkang durian dapat membantu meredakan batuk karena sifat penghilang rasa sakitnya, sekaligus juga memiliki dan antibiotik.

4. Membuat tidur nyenyak dan meredakan gejala depresi

Menurut World Journal Of Pharmaceutical Research, durian mengandung tryptophan dan asam amino. Ini adalah senyawa penginduksi tidur alami yang  dapat memetabolisasikan hormon melatonin dan serotonin dalam tubuh.  Hormon melatonin diperlukan dalam siklus tidur-bangun manusia, dan serotonin digunakan untuk membantu manusia tidur, juga meregulasi suasana hati dan kognisi. Fungsi optimal dari keduanya mamu menurunkan risiko depresi dan stres. 

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Karena buah durian merupakan sumber kalsium dan fosfor yang baik, kandungan buah ini dapat bekerja secara kolaboratif dalam menguatkan tulang. Untuk kesehatan tulang, jumlah yang tepat dari mineral-mineral tersebut sangat diperlukan. Menurut American Bone Health, 85 persen fosfor tubuh hadir dalam tulang sebagai kalsium fosfat.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar