Yamaha NMax

Maju dari Jadwal, KPU Kabupaten Cirebon Baru Terima 2 Jenis Surat Suara

  Rabu, 13 Maret 2019   Erika Lia
Ilustrasi pilkada.

SUMBER, AYOCIREBON.COM -- KPU Kabupaten Cirebon diketahui telah menerima surat suara pemilu lebih awal dari jadwal semula. Masih kekurangan tiga jenis surat suara.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Saefuddin Jazuli menyebutkan, sedikitnya 1,73 juta surat suara telah disimpan di BLK Plumbon, Kabupaten Cirebon, yang difungsikan sebagai gudang penyimpanan logistik Pemilu 2019. Surat suara itu mereka terima pada 12 Maret dini hari atau maju dari jadwal semula 16 Maret 2019.

"Surat suara yang kami terima baru dua jenis, untuk pemilihan presiden dan wakil presiden serta DPR RI," katanya kepada Ayocirebon.com, Rabu (13/3/2019).

Jumlah surat yang diterima KPU Kabupaten Cirebon sesuai daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2% surat suara cadangan. Surat suara itu diterima pihaknya dari Kudus, Jawa Tengah, disertai pengawalan aparat kepolisian.

KPU Kabupaten Cirebon sejauh ini masih kekurangan tiga jenis surat suara lain, masing-masing surat suara DPRD Provinsi Jawa Barat, DPD, dan DPRD Kabupaten Cirebon. Rencananya, surat suara DPD diterima Jumat (15/3/2019), surat suara DPRD Provinsi Jabar pada 23 Maret 2019, dan DPRD Kabupaten Cirebon pada 30 Maret 2019.

"Tapi, seperti surat suara pilpres dan DPR RI, bisa saja jadwal itu maju atau mundur," imbuhnya.

Pasca kedatangan dua jenis surat suara, pihaknya mengagendakan proses penyortiran dan pelipatan (sorlip) surat suara pada Jumat atau Sabtu (16/3/2019) nanti. Proses sorlip setidaknya melibatkan 600 orang yang rencananya dilaksanakan di gedung BLK dan GOR Plumbon.

Ke-600 orang yang dilibatkan seluruhnya berasal dari masyarakat. Sejauh ini, KPU Kabupaten Cirebon masih melakukan perekrutan personil sorlip.

"Setiap orang yang terlibat sorlip akan diberi honor Rp100/lembar. Ini sesuai besaran anggaran dari pusat," terangnya.

Sorlip bakal dibagi dalam dua sesi, dengan masing-masing sesi tiga hari. Sesi pertama berupa proses sorlip untuk surat suara pilpres, sedangkan sesi kedua berupa proses sorlip untuk surat suara DPR RI.
 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar