Yamaha Aerox

Skill Ini Paling Dicari Penyedia Lapangan Kerja di Kota Cirebon

  Rabu, 03 April 2019   Erika Lia
(ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

KESAMBI, AYOCIREBON.COM -- Calon tenaga kerja yang menguasai teknologi informasi (IT) dan bahasa, terutama bahasa asing, merupakan yang paling banyak dibutuhkan perusahaan penyedia lapangan kerja di Kota Cirebon saat ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengungkapkan, rata-rata perusahaan di Kota Cirebon, bahkan di kota-kota lain, merupakan perusahaan berbasis IT. Karenanya, calon tenaga kerja dengan keahlian IT paling banyak dicari para penyedia lapangan pekerjaan.

"Setidaknya calon tenaga kerja itu akrab dengan dasar-dasar IT," ujarnya.

Secara spesifik, imbuhnya, tenaga IT yang paling dibutuhkan berupa tenaga programmer maupun desain grafis. Untuk bahasa, calon tenaga kerja dengan penguasaan bahasa asing seperti Inggris, Jepang, Cina, hingga Arab, juga banyak dicari.

Sementara, dia mengakui, calon tenaga kerja IT maupun bahasa terhitung kurang. Rata-rata, calon tenaga kerja yang tersedia lebih banyak di bidang lain, seperti pemasaran (marketing) dan lainnya.

"Setiap kali bursa kerja digelar, rata-rata pelamar paling banyak dari bidang marketing, perhotelan, keperawatan, operator, driver, dan lainnya," beber Agus.

Di sisi lain, selain kemampuan, calon tenaga kerja juga dituntut memiliki sikap (attitude) yang baik. Penyedia lapangan kerja menyukai pencari kerja dengan kemampuan yang mumpuni dan sikap yang baik.

"Skill dan attitude sekarang paling banyak dicari," ujarnya.

Di Kota Cirebon sendiri, jumlah pencari kerja yang ditandai kepemilikan kartu kuning mencapai sekitar 3 ribu/tahun. Menurut Agus, pencari kerja terbanyak merupakan lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Saat ini, guna memudahkan konektivitas antara kebutuhan pencari kerja dengan penyedia lapangan kerja, Pemkot Cirebon telah meluncurkan aplikasi bernama Cirebon Lunga. Melalui aplikasi ini, para pencari kerja bisa memasukkan data dirinya.

"Nanti perusahaan penyedia lapangan kerja bisa melihat dan mengamati pencari kerja yang mereka butuhkan sesuai data diri dan CV pencari kerja bersangkutan," terangnya.

Pencari kerja sendiri bisa melihat lowongan pekerjaan dari setiap perusahaan yang terdaftar di aplikasi tersebut. Agus mengatakan, sejauh ini sudah sepuluh perusahaan yang terdaftar di Cirebon Lunga.

"Memang masih kurang banyak, sedang kami usahakan agar perusahaan mendaftarkan lowongan kerjanya di aplikasi ini," tuturnya.

Dia menambahkan, aplikasi ini memudahkan setiap pencari kerja. Mereka dapat melamar pekerjaan di mana saja dengan mengakses Cirebon Lunga.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar