Yamaha Aerox

150 Desa di Kabupaten Majalengka Belum Terkoneksi Jaringan Internet

  Rabu, 03 April 2019   Erika Lia
Internet masuk Desa. (istimewa)

MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM--Kurang dari 50% desa di Kabupaten Majalengka belum terkoneksi jaringan internet. Kondisi geografis memengaruhi kondisi itu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Majalengka, Maman Sutiman menyebutkan, dari total 334 desa se-Kabupaten Majalengka, 150 desa di antaranya belum terkoneksi jaringan internet. Sementara, program Desa Digital mensyaratkan semua desa harus terfasilitasi teknologi informasi dan komunikasi.

AYO BACA : Menkominfo: Seluruh Kabupaten di Indonesia Segera Tersambung Internet Cepat

"Sejauh ini masih ada 150 desa yang belum terkoneksi jaringan internet," ungkapnya.

Ke-150 desa itu, terangnya, terletak di kawasan selatan Kabupaten Majalengka. Kawasan tersebut memiliki kontur tanah bergunung sehingga membuat perusahaan provider internet enggan membangun jaringan internet di sana.

AYO BACA : Taman Dirgantara, Ikon Majalengka yang Hadapi Ancaman Sampah

Karena itu, program Desa Digital belum dapat direalisasikan di Majalengka. Namun begitu, menurut Maman, sejauh ini pihaknya terbantu sengan kehadiran Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) di bawah Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI yang mengelola jaringan internet.

"Bakti sudah menyatakan siap membantu penyediaan jaringan internet. Janjinya tahun ini," ungkapnya.

Untuk ini, Bakti direncanakan membangun menara (tower) atau jaringan fiber optik. Khusus fiber optik, pembangunannya hanya akan dilakukan di wilayah perkotaan.

Menurutnya, masyarakat desa saat ini sudah harus melek teknologi. Terlebih, saat ini ada tuntutan untuk melakukan respon cepat melalui program quick response.

"Misal jalan rusak sampai bencana alam, harus segera dilaporkan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat. Ini kan butuh jaringan internet untuk pelaporan cepat," cetusnya.

AYO BACA : Tahun 2020, Pemkab Majalengka Benahi Destinasi Wisata Unggulan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar