Yamaha Aerox

Banjir Indramayu Surut, Warga Bersih-bersih

  Kamis, 11 April 2019   Erika Lia
Banjir di Indramayu. (Erika Lia/Ayocirebon.com)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM--Banjir yang merendam belasan desa di Kabupaten Indramayu sejak Senin (8/4/2019) lalu, sebagian besar mulai surut, Kamis (11/4/2019).

Warga yang rumahnya sempat terendam air pun mulai bersih-bersih hingga menjemur pakaian dan kasur yang basah. Aktivitas itu di antaranya dilakukan warga di Desa Pekandangan Jaya dan Plumbon, Kecamatan Indramayu.

Pasca banjir, tak hanya rumah, jalanan di sekitar pemukiman warga pun dilapisi lumpur hingga membuat akses transportasi warga terganggu. Di ruas jalan Desa Plumbon misalnya, lumpur setebal sekitar 20 cm menutupi badan jalan di sejumlah titik.

AYO BACA : Atasi Banjir di Indramayu, Jalan Penghubung Dibongkar

Pembersihan endapan lumpur pun dilakukan manual menggunakan cangkul oleh warga, dibantu aparat TNI Kodim 0616/Indramayu. Genangan air yang tersisa di sekitar pemukiman pun disedot dengan mesin pompa.

\"Alhamdulillah sudah surut,\" ungkap Lurah Desa Plumbon, Wasdinah.

Dia menyebutkan, sedikitnya 1.200 unit rumah warga di desa itu terendam banjir. Ketinggian air bervariasi hingga sekitar satu meter.

AYO BACA : Status Darurat Untuk Banjir Indramayu

Akibat banjir, sebagian warga sempat mengungsi ke balai desa setempat. Sementara sebagian lain mengungsi ke rumah kerabat masing-masing.

\"Setelah banjir surut, warga sudah kembali ke rumah, tidak ada lagi yang mengungsi,\" cetusnya.

Dandim 0616/Indramayu, Letkol Agung Nur Cahyono mengakui, banjir yang telah surut menyisakan lumpur dan kotoran. Jajarannya pun dikerahkan ke sejumlah titik guna membantu warga membersihkan lumpur dan kotoran, terutama pada sarana umum, seperti jalan desa.

\"Kami melibatkan warga desa untuk bersama-sama membersihkan desa mereka,\" tuturnya.

Selain di Kecamatan Plumbon, sebagian besar banjir di wilayah Indramayu Kota juga diketahui sudah mulai surut. Di lain tempat, genangan air masih tampak di sejumlah perumahan dan pemukiman penduduk di Kecamatan Sindang.

AYO BACA : Empat Desa di Kabupaten Indramayu Terendam Banjir


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar