Yamaha Aerox

Festival Teater Cirebon 5 dan Usaha Menyerap Daya Hidup Berseni-Budaya Arifin C. Noer

  Jumat, 19 April 2019   Erika Lia
Arifin C. Noer. (istimewa)

KESAMBI, AYOCIREBON.COM--Festival Teater Cirebon (FTC) kembali digelar. Bertema 'Jejak Arifin C. Noer', festival kelima ini diagendakan berlangsung pada 25-29 April 2019 di Gedung Kesenian Nyi Mas Rarasantang, komplek perkantoran Bima, Kota Cirebon.

Festival yang pertama kali digelar pada 2015 itu, pada kali ini hendak menyerap daya hidup berseni-budaya yang dipupuk tokoh teater dan film papan atas Indonesia, Arifin C. Noer sebagai pembelajaran dan pendidikan.

Pimpinan Produksi FTC 5, Ade Bedul mengungkapkan, Arifin C. Noer (Alm) lahir dan menghabiskan masa kanak-kanak hingga remaja di Cirebon. Pada masa SMA, dia pindah ke Solo.

"Para pengamat menilai, karya dan kesenimanan Arifin penuh semangat kerakyatan, mengangkat kehidupan rakyat kecil yang miskin dan terpinggirkan, tapi secara kuat menggali nilai-nilai prinsipil manusia dan kehidupan," ungkapnya, Jumat (19/4/2019).

AYO BACA : Komunitas Teater Tjaroeban Gelar Festival Teater Cirebon

Intensitas berkesenian Arifin yang sangat kuat bersama Teater Ketjil yang didirikannya, bahkan dinilai telah menancapkan gaya tersendiri dan khas, sehingga ketokohan dan keilmuannya menjadi bahan kajian dan pembelajaran.

Menurutnya, Cirebon patut berbangga akan eksistensi Arifin. Meski tak selama hidupnya tinggal di kota kelahirannya, para pengamat menyatakan semangat kecirebonan Arifin kuat mewarnai karya-karyanya.

Secara khusus, lanjutnya, mendengungkan nama besar Arifin C. Noer di Festival Teater Cirebon adalah kebanggaan sekaligus harapan atas kehidupan Cirebon sebagai kota seni, budaya, dan sejarah yang kuat. Selain, tentu saja penghormatan mendalam bagi seseorang yang telah mengabdikan dirinya secara nyata bagi kehidupan.

"Merealisasikan tema tersebut, Festival Teater Cirebon 5 akan menampilkan agenda utama berupa pertunjukan teater, bincang budaya, wisata budaya, serta anugerah budaya," sebut Ade.

Dia menjelaskan, sebelas pertunjukan teater dengan lakon karya Arifin C. Noer serta adaptasi dan rekonstruksi lakon karya Arifin C. Noer akan disuguhkan kelompok-kelompok teater dari Kota Cirebon dan beberapa daerah Indonesia. Kelompok teater yang berpartisipasi itu di antaranya Teater Rantai Biru (Cirebon), Sunan Panggung Cirebon, Studio Teater 50 (Indramayu), Teater Sariwang (Sulawesi), Teater Samagaha (Banten), Halaman Budaya Banten, SFN Lab (Lombok), Teater Alit (Bogor) dan Rawayan Ceta (Tasikmalaya), Teater Awal Cirebon, dan KMT ISBI Bandung.

AYO BACA : Festival Putu Wijaya: Hujan di Tengah Kemarau Menahun


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar