Yamaha NMax

Asyiknya Bekerja di Coworking Space Stasiun Cirebon

  Sabtu, 20 April 2019   Erika Lia
Fasilitas ruang kerja bersama atau Coworking Space di Stasiun Cirebon yang diciptakan senyaman mungkin bagi penumpang KA. (Erika Lia/Ayocirebon.com)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM—Pernah Anda dihadapkan pada situasi harus tetap bekerja saat dalam perjalanan? Anda diminta tetap harus membuat laporan pekerjaan di tengah perjalanan menuju kantor atau menuju tempat pertemuan dengan klien, misalnya.

Bagi Anda yang menempuh perjalanan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, Anda mungkin harus berhenti di satu tempat demi mengerjakan laporan tersebut. Bagi Anda yang menempuh perjalanan dengan kereta api atau pesawat terbang, Anda bisa melakukannya di dalam kendaraan yang Anda tumpangi.

Namun, bagaimana jika Anda harus melakukannya ketika kendaraan yang hendak Anda tumpangi belum datang? Pastinya Anda harus menunggu di suatu tempat di stasiun atau bandara.

Nah, Anda yang berkesempatan melakukan kewajiban itu di tengah perjalanan menggunakan kereta api, kini bisa menikmati suasana Ruang Kerja Bersama atau diistilahkan Coworking Space yang dioperasikan PT KAI (Persero). Sembilan stasiun besar di Pulau Jawa mengoperasikan Coworking Space sejak 6 April 2019.

Salah satu stasiun besar yang menyediakan ruangan bekerja ini adalah Stasiun Cirebon (Stasiun Kejaksan, Kota Cirebon). Peresmiannya dilaksanakan di Bandung oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno didampingi Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro.

Selain di Stasiun Cirebon, stasiun lain yang mengoperasikan fasilitas ini yakni Bandung, Gambir, Juanda, BNI City, Semarang Tawang, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan Jember.

"Coworking Space bertujuan memudahkan penumpang yang ingin bekerja dengan ruang yang nyaman saat berada di stasiun, sebelum atau sesudah naik KA," terang Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Kuswardoyo.

Coworking Space, imbuhnya, merupakan salah satu hal yang dibutuhkan masyarakat luas saat ini. Keberadaannya untuk mengakomodasi minat dan kebutuhan masyarakat, khususnya generasi milenial.

Di Stasiun Cirebon, Coworking Space terletak di halaman parkir. Memiliki dua pintu akses masuk, masing-masing dari area parkir dan dari area dalam Stasiun Cirebon.

"Coworking Space seluas 48 meter persegi dan berkapasitas 18 tempat duduk. Dilengkapi  jaringan internet, penyejuk udara, printer, TV, free drink, dan sound system," sebutnya.

Saat ini, untuk menggunakan Coworking Space, penumpang cukup menunjukkan boarding pass dengan tanggal keberangkatan atau kedatangan pada hari yang sama. Setiap pengunjung Coworking Space dapat menggunakan fasilitas ini untuk bekerja maksimal selama dua jam dalam setiap kunjungan.

"Untuk saat ini, penumpang KA dapat menggunakan fasilitas Coworking Space di stasiun secara gratis," ucapnya.

Dia menambahkan, kehadiran Coworking Space di sejumlah stasiun besar merupakan upaya PT KAI meningkatkan kualitas pelayanan kepada semua pengguna jasa kereta api. Terlebih, stasiun sebagai salah satu pusat kegiatan dan keramaian masyarakat, sehingga pelayanan kepada semua pengguna jasa kereta api harus terus ditingkatkan.

"Ke depan rencananya fasilitas ini dioperasikan di semua stasiun," tandasnya.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar