Yamaha Aerox

Dorong Anak Percaya Diri Sejak Dini, Ini yang Dilakukan Alfamart

  Selasa, 23 April 2019   Erika Lia
Sebagian anak-anak peserta lomba yang berasal dari sekitar toko Alfamart Setu Kulon, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, menerima penghargaan dalam kegiatan untuk memeriahkan Hari Kartini yang digelar Alfamart, Selasa (23/4/2019). Mengikutsertakan anak dalam kegiatan fisik bisa menjadi latihan dalam mengembangkan kepercayaan diri sejak dini. (Erika Lia/Ayocirebon.com)

WERU, AYOCIREBON.COM--Kepercayaan diri sejatinya dipupuk sejak dini. Untuk ini, orang tua memiliki peranan besar dalam mengembangkan rasa percaya diri anak.

Disarikan dari workingmother.com, kepercayaan diri berasal dari rasa kompetensi. Anak yang percaya diri membutuhkan persepsi positif dan realistis tentang kemampuannya.

Hal ini muncul dari pencapaian, baik dalam skala besar maupun kecil. Kata-kata Anda yang membesarkan hati dapat membantu mengembangkan kepercayaan diri sang anak, terutama ketika Anda merujuk pada upaya atau kemampuan spesifik anak.

Salah satu tips untuk membangkitkan kepercayaan anak di antaranya dengan mendorong sang anak berolahraga atau kegiatan fisik lain. Dalam hal ini, mereka belajar bahwa mereka dapat berlatih, meningkatkan, dan mencapai tujuan.

Mereka juga belajar mengenali kekuatan mereka, menerima atau memperkuat kelemahan mereka, menangani kekalahan, memperluas lingkaran teman-teman mereka, dan belajar kerja tim. Cobalah menemukan aktivitas fisik yang disukai sang anak, baik tarian, seni bela diri, bersepeda, atau hiking.

Orang tua selayaknya mendukung pengejaran semangat mereka. Ingatlah, semua orang unggul dalam sesuatu, sehingga bagus ketika anak Anda menemukan sesuatu.

AYO BACA : Belanja? Jangan Lupa Bawa Kantong Sendiri Ya...

Sebagai orang tua, hormati dan dorong minat anak Anda, bahkan jika itu tak menarik minat Anda sendiri. Pujilah anak Anda ketika mereka mencapai sesuatu dalam kegiatan awal mereka.

Sebagai orang tua, carilah kegiatan-kegiatan yang mendukung minat anak Anda. Seperti yang digelar PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk sebagai pengelola ritel Alfamart yang menggelar kegiatan dalam rangka Hari Kartini, Selasa (23/4/2019).

Sebanyak 50 anak dari sekitar toko Alfamart Setu Kulon, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, mengikuti program bertajuk Ayo Kejar Masa Depanmu. Kegiatan yang digelar di antaranya lomba fashion show, lomba tari daerah, dan edukasi anak untuk berbelanja sejak dini mengenakan beragam pakaian adat daerah.

\"Ajang perlombaan ini dapat menjadi sarana latihan bagi anak agar memiliki kepercayaan diri dan kecintaan pada budaya Indonesia,\" terang Branch Marketing Manager Alfamart, Yulianto Teguh Wicaksono, di sela kegiatan.

Dia mengaku gembira mengamati antusiasme para peserta. Menurutnya, kegiatan ini memiliki banyak sisi positif, di antaranya anak-anak dilatih berani berekspresi, termasuk saat pose di atas panggung.

Pihaknya juga menghendaki anak-anak lebih mengenal kebudayaan Indonesia. Selain itu, anak-anak diajarkan lebih peduli lingkungan dengan membawa tas belanja sendiri dari rumah saat berbelanja.

\"Ini sudah menjadi agenda rutin, yang dilaksanakan setiap tahun di Kabupaten Cirebon,\" tandasnya.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar