Yamaha NMax

Embarkasi Haji di Bandara Kertajati Ditargetkan Rampung 2020

  Rabu, 15 Mei 2019   Anggun Nindita Kenanga Putri
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

BANDUNG, AYOCIREBON.COM -- Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa, mengatakan pembangunan embarkasi haji di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan segera dirampungkan.

Hal ini diungkapkannya pada Rapat Koordinasi Penyusunan Kloter dan Persiapan Pemberangkatan Calon Jemaah Haji Provinsi Jabar 1440/2019 melalui BIJB Kertajati, yang berlangsung di Hotel Aryaduta, Selasa (14/5/2019)

“Embarkasi tersebut diharapkan bisa selesai di tahun 2020. Sehingga proses embarkasi 2020 sudah bisa berangkat sepenuhnya dari Bandara Kertajati,” kata Iwa.

Lebih lanjut dia menerangkan, pembangunan ini ditargetkan sejalan dengan selesainya jalan tol Cisumdawu. Nantinya Bandara Kertajati akan menampung jemaah haji dari lima kabupaten kota, di antaranya Kabupaten Majalengka, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, serta Kabupaten Kuningan.

“Jadi embarkasi di Jabar nanti ada dua, yakni di Bekasi dan di Kertajati,” ucapnya.

Selain itu, dalam agenda ini juga turut dibahas mengenai teknis penerbangan perdana jamaah haji dari Bandara Kertajati pada 20 Juli 2019 mendatang. "Alhamdulilah tadi sudah dibahas teknis berbagai hal termasuk kemungkinan ada perbedaan harga avtur (Aviation Turbine Fuel) bahan bakar yang digunakan untuk pesawat  juga sudah dibahas," ujarnya.

Dia juga mengungkapkan, baik Kemenag maupun Pemprov Jabar telah mengucurkan anggaran untuk pemberangkatan embarkasi haji ini. “Angkanya tapi belum final. Nanti akan ada rapat lagi bersama Dirjen,” tuturnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar