Yamaha Mio S

Emil: Bandara Kertajati akan 'Booming' Saat Musim Haji

  Kamis, 16 Mei 2019   Husnul Khatimah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Kavin Faza/Ayo Media Network)

BOGOR, AYOCIREBON.COM -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meyakini Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang masih sepi penumpang akan booming saat pemberangkatan haji.

"Sudah disepakati bahwa Kertajati booming-nya itu pada saat haji," ujar pria yang akrab disapa Emil itu, saat ditemui di Bogor, Rabu (15/5/2019).

Dia mengatakan bandara terbesar kedua di Indonesia itu akan booming saat haji karena pihaknya mewajibkan pemberangkatan jamaah haji di Jawa Barat melalui Kertajati. "Seluruh haji Jawa Barat sudah wajib melewati Kertajati, besok saya rapatkan dengan pak Luhut (Menko Bidang Kemaritiman) dan lain sebagainya," ujar Emil.

Saat ditanya apakah kebijakan mewajibkan pemberangkatan haji melalui Kertajati ini menjadi upaya memancing penumpang, Emil hanya mengatakan bahwa pihaknya mengiginkan sesuatu yang terlihat atau visible sebagai solusi bandara yang sepi penumpang.

"Iya, jadi kita kan mana yang visible kemaren belum visible karena menghitung jarak dari Bandung ke Kertajati karena tolnya belum beres, jadi agak merepotkan penumpang," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa sudah memastikan jemaah haji dari lima Kabupaten/Kota berangkat via Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun sudah menentukan asrama haji untuk sekitar 6.705 jemaah.

Kelima Kabupaten/Kota tersebut meliputi Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan. Jumlah itu kemungkinan besar bertambah, mengingat Kabupaten Sumedang tertarik untuk memberangkatkan jemaah haji via BIJB Kertajati.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar