Yamaha Aerox

Ini Sejumlah Daerah Rawan Longsor di Jalur Mudik

  Senin, 20 Mei 2019   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi mudik

BANDUNG, AYOCIREBON.COM--Jelang Lebaran 2019, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sudah melakukan pemetaan terhadap sejumlah jalur rawan longsor yang kerap dilalui pemudik.

Kepala Subbidang Pergerakan Tanah Bag. Barat, Sumarwono mengatakan, Jawa Barat memiliki sejumlah titik jalur berpotensi longsor, salah satunya adalah Puncak.

"Biasanya di Jabar itu jalur Puncak yang terjadi longsor. Hanya mudah-mudahan curah hujannya tidak terlalu tinggi di Juni," jelasnya ketika ditemui di kantor PVMBG, Senin (20/5/2019).

Pasalnya, curah hujan yang tinggi, Sumarwo mengatakan, akan menimbulkan masalah tersendiri terkait longsor. Namun, tren yang terjadi menunjukan curah hujan turun yang menandakan resiko longsor berkurang.

Meski demikian, sejumlah titik lain juga perlu tetap diwaspadai. Untuk itu, di beberapa titik termasuk Puncak sudah dilakukan penguatan lereng. 
 
"Waspadai Limbang, Subang, Malangbong. Kemarin kan sudah ada penguatan lereng sebelah kiri jalan, mudah-mudahan aman," jelasnya.

Selain itu, jalur lain seperti jalur selatan menuju Pacitan dan Ponorogo juga kerap diintai bahaya longsor. Untuk Sumatera, kawasan Bukit Tinggi dan Samosir juga memiliki potensi.

Guna mengantisipasinya, Sumarwono mengimbau pengendara untuk tidak melanjutkan perjalanan saat hujan lebat terjadi di daerah-daerah di atas.

"Kalau lewat jalan rawan longsor saat hujan lebat sebaiknya ditahan dulu, jangan masuk area itu. Biasanya ada tulisannya," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menginfokan pada setiap pemda soal peta daerah zona rawan longsor di daerah masing-masing. 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar