Yamaha Mio S

Kota Cirebon Getol Gelar Pasar Murah, Azis Sempatkan Jual Ayam Potong

  Senin, 20 Mei 2019   Erika Lia
Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis menjual ayam potong di salah satu kios pasar murah di halaman Masjid Raya At Taqwa, Kota Cirebon, Senin (20/5/2019). Pasar murah getol digelar TPID Kota Cirebon dan BI Cirebon selama Ramadan ini. (Erika Lia/Ayocirebon.com)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM—Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon getol menggelar pasar murah. Setidaknya sejak memasuki akhir pekan lalu hingga memasuki akhir pekan ini, pasar murah digelar di tiga lokasi berbeda.

Senin (20/5/2019) ini menjadi hari pertama pasar murah yang digelar TPID Kota Cirebon di halaman Masjid Raya At Taqwa. Rencananya, pasar murah kali ini akan dibuka hingga Rabu (22/5/2019).

Dari sejumlah komoditas pangan yang dijual di pasar murah, telur dan ayam potong merupakan yang paling banyak diserbu warga. Selain telur dan ayam potong, komoditas lain yang dijual di antaranya beras, minyak goreng, daging beku, gula, bawang merah, tepung terigu, dan lainnya.

Kepala KPwBI Cirebon M Abdul Majid Ikram mengatakan, pasar murah itu merupakan alternatif bagi masyarakat yang ingin memperoleh produk pangan dengan harga lebih terjangkau selama Ramadan.

"Dengan pasar murah ini masyarakat bisa membeli produk pangan yang lebih murah dibanding di pasar lain," katanya.

Tak hanya itu, pasar murah juga dipandang sebagai bentuk edukasi kepada para pedagang, khususnya produk pangan, agar tak menerapkan harga terlalu mahal. Bilapun harus naik, pihaknya meminta kenaikan sewajarnya saja.

"Kenaikan 4% saja pedagang sudah untung," ujarnya.

Selain di halaman Masjid Raya At Taqwa, pasar murah serupa juga diagendakan digelar di halaman Masjid Raya Nurul Amal di kawasan Perumnas, Kecamatan Harjamukti, pada 23-24 Mei 2019. Sebelumnya, pasar murah digelar di depan Pasar Kramat, Kecamatan Kejaksan, pada 16-17 Mei 2019.

Sementara itu, dalam kesempatan itu, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis menyempatkan diri berperan sebagai penjual di salah satu kios ayam potong. Transaksi yang dilakukan Azis bahkan menjadi yang pertama dalam pasar murah.

Azis menyatakan, pasar murah sebagai respons cepat Pemkot Cirebon dalam upayanya mengendalikan harga pangan saat Ramadan ini. Selain itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat dalam memperoleh produk pangan berharga murah.

"Masyarakat Kota Cirebon bisa mendapatkan pangan dengan harga terjangkau dan lebih murah dibanding di pasaran," tuturnya.

Azis pun mengapresiasi pasar murah tersebut dan mengucapkan terima kasih kepada BI dan TPID Kota Cirebon. Masyarakat sendiri diimbau memanfaatkan pasar murah sebaiknya.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar