Yamaha Aerox

Santer Jabatan Sekda Kota Cirebon Diganti, Azis Emoh Kasih Kepastian

  Senin, 17 Juni 2019   Erika Lia
Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis. (Erika Lia/Ayocirebon.com)

CIREBON, AYOCIREBON.COM--Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis mengklaim belum dapat memastikan penggantian Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Asep Dedi, yang telah habis masa jabatannya per Maret 2019. Dia bersikeras menanti hasil dari tim evaluasi.

Isu penggantian Asep sebagai Sekda sendiri santer terdengar belakangan ini. Sejumlah nama pejabat senior di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon bahkan sempat muncul ke permukaan.

Pejabat senior yang dimunculkan sebagai nama pengganti Asep wajar mengingat jabatan ini memiliki mensyaratkan jabatan dan pangkat yang mumpuni. Meski tak menyebut langsung jabatan Sekda akan diganti, Azis sendiri berharap pengganti Asep harus seorang pejabat senior dengan kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni.

AYO BACA : Wali Kota Cirebon Terima Ayo Media Network

Soal kelanjutan jabatan ini, Azis menunjuk hasil evaluasi sebuah tim sebagai jawaban pastinya. Azis hanya meyakinkan, pasca lima tahun Asep menjabat sebagai Sekda dan habis masanya per Maret lalu, sesuai peraturan perundang-undangan harus ada evaluasi kepada yang bersangkutan.

Sebagaimana PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), evaluasi berkala diberlakukan terhadap pejabat eselon II. Evaluasi guna memantau hasil kinerja sekaligus menilai kompetensi pejabat bersangkutan dalam memimpin organisasinya.

\"(Asep) Akan kami evaluasi. Soal akan tetap dipertahankan atau diganti tergantung hasil evaluasi nanti, kata Azis.

AYO BACA : ASN Kota Cirebon Diminta Tak Kendurkan Nilai-nilai Ibadah Pasca Ramadan

Selama evaluasi belum dilakukan, sejauh ini Asep masih menjabat sebagai Sekda. Dengan begitu, tegasnya, semua hal yang dilakukan Asep atas nama sekda tetap sah dan legal.

Bila kelak hasil evaluasi menyatakan sekda harus diganti, katanya, pengisian kembali jabatan itu harus melalui proses lelang jabatan secara terbuka (open bidding).

Sementara, Azis memandang, Kepala Inspektorat merupakan jabatan yang tepat bagi Asep setelah tak lagi menjabat sebagai sekda. Menurutnya, kepala Inspektorat bertanggungjawab langsung kepada wali kota.

\"Jadi tak ada kendala psikologis yang harus dihadapi Pak Asep Dedi. Kalau jabatan eselon II lain pertanggungjawaban kepada wali kota harus melalui sekda dulu,\" bebernya.

Diketahui, saat ini lebih dari seratus jabatan eselon II hingga IV di Pemkot Cirebon kosong lebih daru setahun. Sebagian hanya diisi pelaksana tugas (Plt).

Sekalipun sudah bisa melakukan mutasi tanpa harus ada izin Mendagri, rupanya pelaksanaan mutasi dan rotas terhalang sejumlah syarat administrasi.

AYO BACA : Wadah Seniman di Cirebon Masih Kurang


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar