Yamaha Aerox

Mau Bikin Vlog? Simak Tips dari Vlogger Berpengalaman Ini

  Sabtu, 06 Juli 2019   Erika Lia
Vlogger Indonesia, Andi Muhyiddin membagikan tips membuat vlog saat kegiatan capacity building yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon bagi sejumlah jurnalis Cirebon di Solo, Jawa Tengah, belum lama ini. (Erika Lia/ayocirebon)

SOLO, AYOCIREBON.COM -- Istilah Vlog merupakan kependekan dari Video Blog atau dalam bahasa Indonesia disebut Blog Video. Vlogging sendiri berarti aktivitas blogging  menggunakan video, baik kamera digital maupun ponsel berkamera.

Sejak beberapa waktu belakangan, vlog marak berseliweran di media sosial dengan beragam tema. Sebagian di antaranya bersifat informatif, sebagian lainnya menghibur. Tak sedikit di antaranya merupakan gabungan keduanya.

Meski marak, tak seluruh vlog menarik ditonton. Sementara, vlogger (istilah bagi pembuat vlog) mengincar kuantitas penonton.

Nah, untuk membuat vlog yang bagus, salah satu Vlogger Indonesia, Andi Muhyiddin membagikan tipsnya dalam sebuah kesempatan bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon sebagai penyelenggara dan sejumlah jurnalis Cirebon, salah satunya Ayocirebon.com di Solo, Jawa Tengah. Ini dia tipsnya:
1. Siapa Penontonmu?
Menurut pria yang akrab disapa Dio dan pernah berprofesi sebagai jurnalis televisi ini, vlogger harus menentukan target penontonnya lebih dulu sebelum merekam vlog.
"Kalau tidak tahu targetnya, bisa salah penyampaian," cetusnya.

Vlogger juga harus menyesuaikan platform media sosial yang hendak menjadi sasaran vlog tersebut ditayangkan, semisal Instagram, Youtube, atau Facebook. Vlog memiliki dua format pengambilan gambar, masing-masing square/landscape dan vertikal.

Dia menyebutkan, saat ini format vertikal banyak digunakan karena mengesankan lebih dekat. Rata-rata penonton pun malas memutar ponselnya untuk menikmati vlog.

"Selain malas memutar ponsel, format gambar vertikal pun sekarang luar biasa karena seperti sedang ngobrol melalui video call," bebernya.

AYO BACA : PAN Bergabung Kubu Jokowi, Amien Rais: Jangan Kita Rabun Ayam

Vlog yang menarik pun dapat divariasikan dengan memainkan warna atau tampilannya.

2. Sudah Tepatkah Alatmu?
Setidaknya ada dua alat yang dikenal dengan istilah mojo atau mobile journalist. Dua mojo yang banyak digunakan saat ini di antaranya handheld gimbal dan video rig.

3. Buat Story Line
Vlogger disarankan Dio membuat skrip dan visual sebelum merekam gambar.

4. Lima Detik Pertama Harus Sangat Menarik
Dio menyarankan vlogger tak membuat pembukaan yang umum ataupun terlalu panjang. Menurutnya, rata-rata pengguna smartphone ingin langsung ke inti.
"Jadi nggak usah pakai pembuka lama-lama. Bikinlah video yang padat, tapi menarik, dan tanpa breaking yang bikin bosan," tuturnya.

5. Buat Gimmick
Gimmick bisa dibuat untuk membuat vlog memiliki daya tarik untuk ditonton.

6. Harus Unik dan Berbeda

7. Jual Videomu
Dio mengatakan, salah satu cara dengan menggunakan thumbnail yang menarik atau bagus. Judul pun harua menarik.

8. Jadilah Diri Sendiri
Tak perlu menjadi orang lain saat membuat vlog. Upaya terbaik adalah dengan menjadi diri sendiri. Namun, Dio mengingatkan, tips ini bukanlah suatu hal yang pasti atau sebuah keharusan. Tips lain pun bisa digunakan vlogger
 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar