Ritual Pencucian Rupang di Klenteng Talang Cirebon, Momentum Penyucian Diri Sambut Imlek

- Rabu, 26 Januari 2022 | 17:32 WIB
Ritual pencucian rupang di Klenteng Talang Cirebon menyambut Imlek. (Erika Lia L/Ayocirebon.com)
Ritual pencucian rupang di Klenteng Talang Cirebon menyambut Imlek. (Erika Lia L/Ayocirebon.com)

LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM- Sepekan menjelang Tahun Baru Cina atau Imlek, ritual pencucian rupang atau patung dewa digelar di Klenteng Talang di Jalan Talang, Kelurahan Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Menggunakan air yang dicampur potongan aneka bunga, setidaknya 4 rupang di Klenteng Talang dibersihkan selama kepergian dewa ke langit.

Ke - 4 rupang yang dibersihkan di Klenteng Talang masing - masing Dewa Bumi (Hok Tek Cin Sin), Dewa Langit (Hian Thian Siang Te), Panglima Perang Kwan Tee Kun (Kuan Tong), dan Nabi Khong Tju (Konghucu).

Humas Majelis Agama Konghucu Indonesia (Makin) Talang, Yohanes Suyono mengungkapkan, dalam keyakinan Konghucu, sepekan menjelang Imlek para dewa terbang ke langit atau Tian Tang.

"Jadi kami meyakini, rupang - rupang ini kosong," terangnya kepada Ayo Cirebon di sela ritual pencucian rupang di Klenteng Talang, Rabu, 26 Januari 2022.

Selama rupang tak didiami dewa inilah, pencucian dilakukan.

Dengan begitu, saat Imlek, rupang dalam kondisi bersih.

"Dalam keyakinan kami, para dewa kembali dari langit bertepatan dengan Imlek," tuturnya.

Nabi Khong Tju. (Erika Lia L/Ayocirebon.com)

Selain rupang, seluruh bagian Klenteng Talang pun dibersihkan dan dipercantik dengan aksesori khas Imlek, seperti lampion yang tergantung di langit - langit, kue Imlek seperti kue keranjang, hingga aneka buah.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Kota Cirebon Usulkan 4 Raperda Baru

Selasa, 28 Juni 2022 | 09:27 WIB