Disfungsi APILL Pelandakan Cirebon Picu Gangguan Lalu Lintas

- Senin, 31 Januari 2022 | 10:55 WIB
Situasi di sekitar apill Pelandakan. (Ayocirebon.com/Ayu Lestari)
Situasi di sekitar apill Pelandakan. (Ayocirebon.com/Ayu Lestari)

KESAMBI, AYOCIREBON- Pengendara mengeluhkan kondisi APILL atau Alat Pemberi Isyarat Lalu lLintas di Jalan Saladara, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat, yang tidak berfungsi.

Kondisi APILL 3 warna Pelandakan yang tidak berfungsi membuat arus lalu lintas tersendat dan tidak teratur.

Salah seorang pengendara, Mochammad Ficry Hidayatullah menyebut, disfungsi APILL terjadi sejak sekitar 3 minggu terakhir.

"Lampu merah (APILL) Pelandakan di Jalan Saladara sudah lama mati sekitar 3 minggu lalu, sempat terlihat diperbaiki, sehari normal sampai hari ini mati lagi," katanya, Senin, 31 Januari 2022.

Kondisi itu diperparah dengan ketiadaan petugas di lapangan untuk mengatur lalu lintas.

"Jalan itu setahu saya penghubung antara Kabupaten Cirebon dengan Kota Cirebon, apalagi intensitas pengguna persimpangan yang padat kalau bubaran anak sekolah," jelasnya.

APILL Pelandakan menghubungkan 3 ruas jalan, masing - masing Jalan Kalitanjung, Jalan Pangeran Cakrabuana, dan Jalan Saladara.

Di sekitarnya, terdapat setidaknya 3 sekolah yang belakangan padat aktivitas, menyusul pemberlakuan pembelajaran tatap muka (PTM) 100%, masing - masing SMPN 11 Kota Cirebon, MAN 2 Kota Cirebon, dan SD Pelandakan 1 dan 2.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Andi Armawan menerangkan, APILL Pelandakan berada di jalur yang menjadi kewenangan Pemprov Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini