Viral Curhat Kaur Desa Citemu Cirebon yang Jadi Tersangka Usai Laporkan Dugaan Korupsi oleh Oknum Kuwu

- Sabtu, 19 Februari 2022 | 12:58 WIB
Tangkapan layar video curhatan Kaur Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Nurhayati. (YouTube OCES CHANNEL MRS)
Tangkapan layar video curhatan Kaur Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Nurhayati. (YouTube OCES CHANNEL MRS)

MUNDU,AYOCIREBON.COM- Viral sebuah video yang memperlihatkan curahan hati seorang perempuan yang melaporkan dugaan tindak pidana korupsi di desanya, Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.

Dalam video yang diunggah akun YouTube OCES CHANNEL MRS berdurasi 2,51 menit itu, seorang perempuan yang mengaku bernama Nurhayati mencurahkan perasaannya sebab merasa dikhianati.

Nurhayati yang mengaku sebagai Kepala Urusan (Kaur) Keuangan Desa Citemu, Kecamatan Mundu, telah ditetapkan sebagai tersangka oleh kejaksaan.

Belum diketahui pasti kejaksaan dimaksud. Namun, sebagaimana pengakuan Nurhayati yang beberapa kali menyebutkan "Kajari (kepala kejaksaan negeri)", diduga kejaksaan dimaksud adalah Kejaksaan Negeri Sumber, Kabupaten Cirebon.

Nurhayati menyatakan kekecewaannya pasca ditetapkan sebagai tersangka setelah melaporkan dugaan tindak pidana korupsi oleh kepala desa / kuwu Citemu yang disebut bernama Supriyadi.

"Saya merasa janggal karena saya sendiri sebagai pelapor, saya yang memberikan keterangan informasi (soal dugaan korupsi) kepada penyidik (kejaksaan). Selama hampir 2 tahun prosesnya. Di ujung akhir tahun 2021, saya ditetapkan sebagai tersangka," jelasnya dalam video tersebut.

Nurhayati mempertanyakan perlindungan hukum yang sejatinya ia terima sebagai pelapor dan saksi dalam dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan kuwu Citemu.

Dalam video itu, Nurhayati juga membantah dugaan dirinya menerima uang hasil korupsi.

"Uang itu tidak pernah sampai ke rumah saya, satu detikpun," cetusnya.

Nurhayati tak habis pikir, setelah usahanya menjalani proses hukum sebagai pelapor dan saksi selama hampir 2 tahun hingga membuat waktunya tersita dari keluarga, khususnya anak - anak, ia justru dijadikan tersangka.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Ayo Cirebon, Nurhayati melaporkan kasus korupsi dana desa oknum kuwu Citemu yang mengakibatkan Kerugian negara sekitar Rp800 juta pada 2018.

Sejauh ini, video curahan hati Nurhayati yang diunggah sejak 3 hari lalu itu telah ditonton setidaknya 2,2 ribu penonton.

Beragam komentar pun memenuhi kolom komenter video tersebut, yang kebanyakan mendukung dan menyemangati Nurhayati.

"Semangat Bu Nur, jangan pernah mundur," tulis pemilik akun Suprantiono Suprantiono.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini