Sidang Praperadilan Kaur Desa Citemu Ditunda, Ini Alasannya

- Rabu, 23 Februari 2022 | 17:33 WIB
Kuasa hukum Kaur Keuangan Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Elyasa Budianto menunjukkan surat yang akan dikirim ke Menkopolhukam, Mahfud MD. (Ayocirebon.com/Ayu Lestari)
Kuasa hukum Kaur Keuangan Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Elyasa Budianto menunjukkan surat yang akan dikirim ke Menkopolhukam, Mahfud MD. (Ayocirebon.com/Ayu Lestari)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM- Kaur Keuangan Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon berinisial N yang dijadikan tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana desa memutuskan menunda sidang praperadilan yang sedianya dilaksanakan Selasa, 22 Februari 2022.

Penundaan sidang praperadilan dalam kasus dugaan korupsi dana desa yang juga menyeret oknum kuwu Citemu berinisial S diajukan kuasa hukum N, Rabu, 23 Februari 2022 ke Pengadilan Negeri Cirebon, Kota Cirebon.

Kuasa hukum N, Elyasa Budianto mengungkapkan, keputusan pembatalan sidang praperadilan N dilakukan setelah pihaknya beroleh atensi Menkopolhukam RI, Mahfud MD.

"Awalnya memang mau mendaftarkan gugatan praperadilan. Tapi, tim lawyer membuat suara kuasa baru dari LBH IKAUII, atas arahan klien kami (N), kami membuat surat untuk Menkopolhukam karena mendapat atensi dari beliau (menkopolhukam)," bebernya, Rabu, 23 Februari 2022.

Bersamaan itu, lanjutnya, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) akan menemui 5 kuasa hukum yang tergabung dalam Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Universitas Islam Indonesia (UII).

"Kami juga akan melakukan pertemuan dengan pihak kepolisian, membahas tentang apakah menunda perkara ini atau lanjut perkara pokok kuwunya, baru bicara kasus klien kami (N)," paparnya.

Kedatangan LPSK ke kediaman N, dijelaskannya, untuk memastikan perlindungan N.

Elyasa menegaskan, penundaan sidang praperadilan bukan disebabkan tekanan dari pihak lain.

"Tidak ada intervensi dari pihak manapun. Perkara pokok tidak berjalan," tegasnya.***

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini