Rencana Penghapusan Tenaga Honorer, DPRD Kota Cirebon Buka Peluang Pengangkatan PPPK dengan Syarat Ini

- Kamis, 24 Februari 2022 | 19:03 WIB
Rapat kerja DPRD Kota Cirebon bersama BKPSDM Kota Cirebon membahas rencana penghapusan tenaga honorer pada 2023. (Dok. Humas DPRD Kota Cirebon)
Rapat kerja DPRD Kota Cirebon bersama BKPSDM Kota Cirebon membahas rencana penghapusan tenaga honorer pada 2023. (Dok. Humas DPRD Kota Cirebon)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM- DPRD Kota Cirebon membuka peluang pengangkatan tenaga honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Untuk ini, DPRD Kota Cirebon meminta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Cirebon (BKPSDM Kota Cirebon) mendata rinci tenaga honorer di Kota Cirebon.

Dalam rapat kerja Komisi I DPRD Kota Cirebon bersama BKPSDM Kota Cirebon, Kamis, 24 Februari 2022, di ruang Griya Sawala gedung DPRD, dibahas rencana penghapusan tenaga honorer pada 2023 berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK.

Sekretaris Komisi I DPRD, Tunggal Dewananto mengungkapkan, dalam PP tersebut terdapat beberapa kriteria yang memungkinkan tenaga honorer bisa bertahan dan diangkat menjadi PPPK.

"Masih ada harapan, yang penting tenaga honorer tersebut masuk kualifikasi yang ditetapkan pemerintah pusat," katanya.

Kualifikasi itulah, lanjutnya, yang memungkinkan tenaga honorer di Kota Cirebon bisa diangkat menjadi PPPK.

Ia mencontohkan, tenaga honorer kependidikan bisa diangkat menjadi PPPK bila sudah masuk dalam data pokok pendidik (dapodik) serta memiliki sertifikat profesi pendidik.

Pihaknya berharap, BKPSDM Kota Cirebon bisa mendata lebih rinci jumlah tenaga honorer yang telah memenuhi kualifikasi untuk diangkat jadi PPPK.

"Jadi, ketika ada regulasi baru (soal penghapusan tenaga honorer), bisa lebih cepat menyesuaikan," cetusnya.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini