Pompa Air Riol Ade Irma Suryani Jadi Benda Cagar Budaya, Ini Kegunaannya di Masa Lampau

- Selasa, 17 Mei 2022 | 13:24 WIB
Pompa Air Riol Ade Irma Suryani Jadi Benda Cagar Budaya, Ini Kegunaannya di Masa Lampau (https://cagarbudaya.kemdikbud.go.id/)
Pompa Air Riol Ade Irma Suryani Jadi Benda Cagar Budaya, Ini Kegunaannya di Masa Lampau (https://cagarbudaya.kemdikbud.go.id/)

LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM -- Pompa Riol Ade Irma Suryani merupakan pusat pompa drainase dan air limbah di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Dinamakan Pompa Riol Ade Irma Suryani lantaran pompa riool tersebut berada di kawasan wisata Ade Irma Suryani.

Keberadaan Pompa Riol Ade Irma Suryani, memiliki sejarah yang cukup bermanfaat untuk masayarakat Cirebon di masa lampau.

Dahulu, pompa ini difungsikan sebagai pompa drainase menguras genangan air di Kali Bacin, yang kini dikembangkan menjadi jalan, gedung dan pabrik rokok British American Tobacco Comp atau yang dikenal dengan BAT.

Baca Juga: Aturan PTM Terbaru, Bisa 100 Persen Asal Ikuti Syarat Ini

Dilansir dari website Cagar Budaya, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menetapkan Pompa Air Riol Ade Irma Suryani menjadi salah satu Benda Cagar Budaya (BCB).

Bangunan yang didirikan zaman kolonial Belanda itu begitu besar dan tinggi. Bisa dikatakan, pompa riol berada di dalam Area Pusat Pompa Drainase dan Air Limbah pertama di Kota Cirebon.

Crossley Brothers Limited, Manchester menjadi perusahaan yang membuat Pompa Riol Ade Irma Suryani. Mereka mendesain pompa ini dengan memiliki 3 mesin dan akan berfungsi apabila diisi dengan bahan bakar solar.

Baca Juga: UPDATE Jadwal Bioskop Bandung CGV - XXI - Cinepolis 16 MEI - 17 MEI 2022

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Sumber: Kemdikbud

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cirebon Expo Dinodai Dugaan Pelecehan Seksual Anak

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:46 WIB