Peternak di Kota Cirebon Nantikan Vaksin Penangkal PMK

- Rabu, 25 Mei 2022 | 13:44 WIB
Pemeriksaan hewan ternak sapi di kandang ternak milik Abdul Hamid, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat. (Ayocirebon.com / Ayu Lestari)
Pemeriksaan hewan ternak sapi di kandang ternak milik Abdul Hamid, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat. (Ayocirebon.com / Ayu Lestari)

HARJAMUKTI, AYOCIREBON.COM— Peternak hewan di Kota Cirebon, Jawa Barat, khawatir penularan virus penyakit mulut dan kuku (PMK) menjalar hingga kandang ternaknya.

Salah satu pemilik kandang ternak di Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Abdul Hamid mengaku, khawatir virus penyebab PMK yang kini merebak menyambangi kandang ternak miliknya.

Abdul Hamid pun berharap adanya vaksinasi bagi hewan - hewan ternak yang rentan terpapar PMK.

"Maunya ada vaksin biar aman. Sekarang sih sedikit khawatir, takut virusnya nular, jadi semoga bisa dicegah terlebih dahulu," katanya, Rabu, 25 Mei 2022.

Meski demikian, Hamid mengaku, selama ini telah memperhatikan kebersihan kandang ternak dengan rutin hingga menyemprotkan disinfektan yang disarankan DKPPP Kota Cirebon.

Di sisi lain, dia pun tak membeli hewan ternak dari luar daerah sebab masih didera kecemasan atas PMK.

"Sementara ini tidak membeli hewan dari luar kota dulu. Walaupun rutin membersihkan kandang, khawatir pasti ada," ujarnya.

Dia pun menanyakan soal rencana pemberian vaksinasi sebagai penambah daya tahan tubuh hewan ternak agar tidak terjangkit PMK.

"Semoga bisa secepatnya ada vaksin untuk sapi sama hewan ternak lain karena ini menjelang Iduladha pasti ramai pembeli nantinya," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Kota Cirebon Usulkan 4 Raperda Baru

Selasa, 28 Juni 2022 | 09:27 WIB