DKPPP Kota Cirebon Rutin Periksa Kandang Ternak

- Rabu, 25 Mei 2022 | 14:05 WIB
Seekor sapi tengah menjalani pemeriksaan kesehatan rutin oleh petugas DKPPP Kota Cirebon. (Ayocirebon.com / Ayu Lestari)
Seekor sapi tengah menjalani pemeriksaan kesehatan rutin oleh petugas DKPPP Kota Cirebon. (Ayocirebon.com / Ayu Lestari)

HARJAMUKTI, AYOCIREBON.COM— Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Cirebon (DKPPP Kota Cirebon) rutin mengecek kesehatan hewan ternak se - Kota Cirebon.

Salah satu kandang ternak milik Abdul Hamid misalnya, menjadi sasaran pemeriksaan rutin oleh DKPPP Kota Cirebon untuk mencegah hewan ternak terkena penyakit mulut dan kuku (PMK).

Subkoordinator Peternakan DKPPP Kota Cirebon, Kukuh Gunatama mengatakan, sampai saat ini virus yang mudah menularkan satu hewan ternak ke hewan ternak lainnya ini belum ditemukan di kandang ternak se - Kota Cirebon.

"Alhamdulillah dari Bvet Subang manyatakan negatif PMK. Di wilayah Kesambi dan Kalijaga, kurang lebih ada 30 peternakan se - Kota Cirebon," kata Kukuh Gunatama, Rabu, 25 Mei 2022.

Pihaknya juga membatasi hilir mudik sapi yang melintasi Kota Cirebon, begitu pun sapi yang datang ke kandang ternak.

"Kita sementara ini menolak menerima hewan ternak dari daerah asal Jawa Timur. Sesuai kebijakan Kementan, proses penerimaan hewan ternak juga wajib disertai SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan)," ujarnya.

Medik Veteriner Ahli Pertama DKPPP Kota Cirebon, drh. Tyas Noormalasari menyebut, seminggu sekali hewan ternak rutin diberikan vitamin dan obat cacing.

"Selama seminggu sekali kami melakukan pemantauan di tempat yang berbeda," ucapnya.

Pemilik kandang ternak di Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Abdul Hamid meyakinkan, menjaga kebersihan kandang menjadi hal yang paling diperhatikan.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Kota Cirebon Usulkan 4 Raperda Baru

Selasa, 28 Juni 2022 | 09:27 WIB