Arti Wasiat Sunan Gunung Jati 'Insun Titip Tajug Lan Fakir Miskin'

- Rabu, 25 Mei 2022 | 16:04 WIB
Masjid Agung Gunung Jati (duniamasjid.islamic-center.or.id)
Masjid Agung Gunung Jati (duniamasjid.islamic-center.or.id)

AYOCIREBON.COM -- Ziarah ke makam Sunan Gunung Jati atau Syekh Syarif Hidayatullah menjadi salah satu tradisi yang dilakukan oleh beberapa umat Islam sekaligus melakukan wisata religi.

Jika pernah berziarah ke makam Sunan Gunung Jati, akan ditemukan kalimat 'Insun titip tajug lan fakir miskin' di salah satu sudut makam, tepatnya di dinding serambi Masjid Agung Gunung Jati.

Kalimat 'Insun titip tajug lan fakir miskin' tersebut diyakini merupakan wasiat terakhir Sunan Gunung Jati sebelum beliau wafat.

Lantas, apa arti dari kalimat 'Insun titip tajug lan fakir miskin' yang terukir di sudut makam Sunan Gunung Jati? Berikut uraiannya melansir dari NU Online.

Baca Juga: Doa Ketika Pikiran Dirundung Masalah Anjuran Imam Al Ghazali dalam Tulisan Latin beserta Terjemah

Secara harfiah arti dari wasiat tersebut ialah, "Saya titip tajug (sejenis mushalla atau langgar yang dipergunakan pula buat mengaji) dan fakir miskin."

Lewat wasiat dimaksud, Sunan Gunung Jati berpesan kepada umat Islam secara umum agar sepeninggal beliau keberadaan tajug dan fakir miskin senantiasa diopeni, dijaga dan diperhatikan. Dengan kata lain keduanya jangan diterlantarkan begitu saja.

Menurut salah satu tokoh dan kiai dari Plered, Cirebon, KH Jamhari, tajug yang dimaksud dalam wasiat di atas dalam konteks sekarang mempunyai batasan arti yang lebih luas, tidak hanya terbatas mushalla atau langgar saja.

Tapi mencakup pula pondok pesantren, madrasah diniyah dan majlis ta'lim lainnya. Demikian pula yang dikehendaki dari istilah fakir miskin, bukan sekedar para pengemis yang meminta-minta, melainkan terutama adalah para santri dan pelajar yang benar-benar sedang menimba ilmu dan memerlukan bantuan demi kelangsungan studinya.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Kota Cirebon Usulkan 4 Raperda Baru

Selasa, 28 Juni 2022 | 09:27 WIB