BPBD Kota Cirebon Salurkan Bantuan Pangan dan Family Kit Kepada Korban Banjir Rob Kesunean

- Kamis, 26 Mei 2022 | 20:21 WIB
BPBD Kota Cirebon salurkan bantuan kepada warga RW 08 Kesunean, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. (Ayocirebon.com / Ayu Lestari)
BPBD Kota Cirebon salurkan bantuan kepada warga RW 08 Kesunean, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. (Ayocirebon.com / Ayu Lestari)


LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COMBPBD Kota Cirebon salurkan bantuan berupa makanan cepat saji, obat-obatan dan alat kebersihan.

Kepala BPBD Kota Cirebon Khaerul, memberikan langsung bantuan yang dibutuhkan masyarakat di RW 08 Kesunean, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Baca Juga: Warga Kesunean Terdampak Banjir Rob, Wawali Cirebon Turun Gunung

"Terlepas dari masalah masyarakat kota yang membangun rumah di atas tanah timbul, mengenai banjir juga disebabkan tata ruangnya, kalau tidak ditangani banjir rob ini akan setiap tahun terulang," katanya, Kamis 26 Mei 2022.

Pemberian makanan cepat saji ini diutamakan untuk warga lanjut usia, panti jompo, dan musholla.

"Alat kebersihan, Family Kit, dan makanan cepat saji ini membantu memenuhi kebutuhan makan korban bencana, karena praktis," ujarnya.

Baca Juga: Polresta Cirebon Grebek Markas Geng Motor, Temukan Obat Tanpa Izin hingga Senjata

Menurutnya, permasalahan banjir rob tidak sama penangannya dengan banjir yang terjadi di perkotaan.

"Kalau banjir di perkotaan tinggal cari permasalahannya maka bisa sedikit teratasi, kalau banjir rob ini bencana tidak mudah memprediksinya," ungkapnya.

Pihaknya menyarankan agar dinas terkait bisa membuatkan tanggul di sekitar selokan, guna menahan debit air jika terjadi banjir rob.

Baca Juga: Warga Plered Keluhkan Jalan Nyi Mas Gede Cangkring Rusak Parah, Ini Tanggapan Kadis PUPR Kabupaten Cirebon

"Sudah waktunya Pemerintah Daerah Kota Cirebon harus memikirkan langkah kedepan untuk menanggulangi banjir rob yang terjadi setiap tahun," tuturnya. ***

Editor: Hengky Sulaksono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Kota Cirebon Usulkan 4 Raperda Baru

Selasa, 28 Juni 2022 | 09:27 WIB