Aturan IMB Tak Lagi Berlaku, DPRD Kota Cirebon Kebut Pembahasan Raperda Penyelenggaraan Bangunan Gedung

- Kamis, 9 Juni 2022 | 18:23 WIB
Ilustrasi pekerja bangunan. (Pixabay/joffi)
Ilustrasi pekerja bangunan. (Pixabay/joffi)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM- DPRD Kota Cirebon mendorong penyusunan dan pembahasan segera rancangan peraturan daerah atau Raperda Penyelenggaraan Bangunan Gedung sebagai pengganti Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Anggota DPRD Kota Cirebon yang juga Ketua Pansus Raperda Penyelenggaraan Bangunan Gedung, Cicip Awaludin SH mengemukakan, raperda ini mengandung urgensi yang tinggi.

"Masyarakat Kota Cirebon, terutama kalangan pengusaha, butuh kepastian hukum yang berkaitan dengan bangunan gedung setelah aturan IMB tidak berlaku lagi," paparnya saat rapat bersama antara Pansus DPRD Kota Cirebon pembahas Raperda Penyelenggaraan Bangunan Gedung rapat dan tim asistensi lembaga eksekutif Kota Cirebon, Kamis, 9 Juni 2022, di ruang Griya Sawala gedung DPRD Kota Cirebon.

Baca Juga: Harga Cabai di Kota Cirebon Melangit, Konsumen Kepedasan

Dalam rapat itu, tim asistensi menyerahkan draf raperda yang memuat sejumlah materi pokok tentang persetujuan bangunan gedung (PBG) sebagai pengganti IMB, Surat Layak Fungsi (SLF), dan lainnya, kepada pansus.

Menurut Cicip, penyusunan dan pembahasan Raperda Penyelenggaraan Bangunan Gedung merupakan amanat Undang Undang Cipta Kerja.

Karena itu, pihaknya memandang, pokok materi raperda ini bakal dibahas secara komperhensif.

"Raperda ini sebagai kepastian hukum bagi masyarakat Kota Cirebon tentang penyelenggaraan bangunan gedung," ungkapnya.

Pihaknya berharap, raperda itu kelak bisa membantu masyarakat Kota Cirebon memperoleh kepastian hukum yang lebih baik mengenai bangunan gedung.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini