Dikenal Toleran, BNPT Sebut Cirebon Rawan Terorisme!

- Kamis, 23 Juni 2022 | 07:30 WIB
Dikenal Toleran, BNPT Sebut Cirebon Rawan Terorisme! (ilustrasi dok. Mabes Polri)
Dikenal Toleran, BNPT Sebut Cirebon Rawan Terorisme! (ilustrasi dok. Mabes Polri)

AYOCIREBON.COM - BNPT menyebut Cirebon merupakan salah satu wilayah rawan terorisme, padahal Kota Udang dikenal dengan toleransinya yang tinggi.

Direktur Pembinaan Kemampuan BNPT Brigjen Polisi Wawan Ridwan mengatakan Cirebon tergolong rawan terorisme meskipun memiliki tingkat toleransi luar biasa.

Baca Juga: Terduga Teroris Diamankan Polisi di Cirebon

"Cirebon sebuah kota tua di Indonesia yang masyarakatnya memiliki kerukunan dan toleransi luar biasa. Namun faktanya aksi terorisme pernah terjadi," kata Wawan, Rabu, 22 Juni 2022, dikutip dari Republika.

Lantaran Cirebon termasuk wilayah rawan terorisme, Wawan menyebut perlu ada penguatan kapasitas dan kompetensi personel TNI/Polri serta instansi terkait.

Ia mengatakan wilayah Cirebon yang terdiri atas Kabupaten/Kota Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan merupakan daerah yang rawan akan tindak terorisme.

Kerawanan ini dibuktikan dengan beberapa aksi teror dan penangkapan terduga teroris di wilayah Ciayumajakuning, termasuk Cirebon.

Salah satu contoh yang terkenal, pada 2017 ada penangkapan terduga teroris berinisial IM setelah berencana melakukan penyerangan terhadap Presiden Joko Widodo di Bandara Cakrabhuwana Cirebon.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap 7 Terduga Teroris di Jabar, Cirebon Hadir!

Untuk itu, Wawan menuturkan BNPT selaku stakeholder hulu penanggulangan terorisme melakukan kegiatan penguatan kapasitas dan kompetensi personel TNI/Polri dan instansi terkait guna mendukung penanggulangan terorisme di wilayah Cirebon.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini