KpwBI Cirebon Gandeng ISEI Gali Potensi Maritim di Wilayah Ciayumajakuning

- Kamis, 30 Juni 2022 | 19:48 WIB
Kepala KpwBi Cirebon, Hestu Wibowo. (Ayocirebon.com / Ayu Lestari)
Kepala KpwBi Cirebon, Hestu Wibowo. (Ayocirebon.com / Ayu Lestari)

LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM— Potensi maritim di Cirebon dan Indramayu menjadi sasaran penggalian Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) di Jawa Barat dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jawa Barat.

Kepala KpwBI Cirebon, Hestu Wibowo mengatakan, penggalian potensi maritim di Cirebon dan Indramayu bertujuan memajukan ekonomi di wilayah utara Jawa Barat yang meliputi Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning).

"Potensi maritim dan perikanan Jawa Barat besar, mengingat Jawa Barat berhadapan dengan sisi Laut Jawa di utara dan Laut Hindia di selatan dengan panjang pantai sekitar 817 km dan luas perairan wilayah laut sepanjang 16.450 km," katanya, Kamis, 30 Juni 2022.

Menurutnya, selain perikanan tangkap, potensi lain yang tidak kalah menguntungkan ialah budidaya perikanan tawar.

"Potensi perikanan ini tidak hanya berhenti pada perikanan tangkap dan budidaya, namun juga memiliki potensi forward linkage yang besar terhadap industri makanan dan minuman," ujarnya.

Dengan begitu, KpwBI Cirebon bisa mengembangkan industri pangan berbasis perikanan lebih optimal.

"Potensi ekspor komoditas perikanan juga cukup tinggi. Pada triwulan II 2022, pangsa ekspor fishing terhadap total ekspor sektor pertanian Jawa Barat mencapai 10,6% dengan pertumbuhan mencapai 57,92% (yoy)," ucapnya.

Hal ini menunjukkan urgensi untuk terus mendorong potensi ekspor komoditas sektor potensial seperti fishery, di tengah indikator kualitas SDM dan kesejahteraan masyarakat Ciayumajakuning yang perlu terus ditungkatkan.

"Pengembangan sektor maritim dan perikanan juga berperan penting dalam menjaga ketahanan pangan dan pengendalian inflasi di Jawa Barat," tuturnya.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cirebon Expo Dinodai Dugaan Pelecehan Seksual Anak

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:46 WIB

Download YouTube MP3 Gratis via YT MUSIC

Rabu, 3 Agustus 2022 | 00:05 WIB