Keutamaaan dan Kemuliaan Hari Jumat dalam Islam

- Jumat, 23 September 2022 | 15:05 WIB
Keutamaaan dan Kemuliaan Hari Jumat
Keutamaaan dan Kemuliaan Hari Jumat

 

AYOCIREBON.COM-Umat muslim seluruh duni mengerti bahwa hari jumat adalah hari yang penuh dengan kemuliaan. Karena kemuliaannya, hari jumat biasa juga disebut dengan julukan Sayyidul Ayyam atau rajanya hari.

Namun siapa sangka, dibalik kemuliaanya itu, hari jumat menjadi hari yang dipenuhi keberhakan karena sebagian ulama telah menjelaskan bahwa pada hari jumat Allah SWT akan melipatgandakan pahala bagi siapa saja yang berbuat baik pada hari tersebut.

Hari jumat merupakan hari kelima dalam susunan waktu sepekan. Meski hari jumat terasa layaknya hari biasa saja, namun ternyata terdapat suatu rahasia dibaliknya. Lantas apa saja rahasia dibalik hari jumat maki kita ulas bersama-sama.

1. Hari Dimana Nabi Adam AS Diciptakan dan Kiamat Berlangsung

Kita ketahui bahwa Nabi Adam as merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah Swt. Ia pertama kali diciptakan dari segumpal tanah yang basah dan ditempatkannya ia ke surga. Namun, siapa sangka bahwa manusia pertama yang diciptakan oleh Allah Swt tersebut diciptakan pada hari jumat.

Selain itu, Rasulallah saw juga bernah berkata bukan hanya dari penciptaannya saja Nabi Adam pada hari jumat, melainkan proses ia masuk ke surga, dikeluarkannya dari surga dan bahkan hari kiamatpun memang terjadi pada Hari Jumat. Hal tersebut sesuai dengan hadist yang disabdakan oleh Rasulallah saw.

"Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat." (H.R Muslim).

2. Hari dimana Segala Dosa Terampuni

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini