Kapolri Tegaskan Bakal Usut Penggunaan Gas Air Mata di Stadion Kanjuhuran

- Senin, 3 Oktober 2022 | 13:38 WIB
Begini kronologis tragedi berdarah di Kanjuruhan (Foto: Gorajuara.com/dok: Instagram @aremaofficial)
Begini kronologis tragedi berdarah di Kanjuruhan (Foto: Gorajuara.com/dok: Instagram @aremaofficial)

AYOCIREBON.COM – Kepolisian Republik Indonesia akan mengusut terkait penggunaan gas air mata digunakan untuk membubarkan kericuhan di Stadion Kanjuhuran usai laga Arema vs Persebaya yang menyebabkan 125 orang meninggal.

Dilansir dari republika.co.id Polisi Listyo Sigit Prabowo di Stadion Kanjuruhan, Ahad (2/10/2022), mengatakan pendalaman itu dilakukan pada penerapan protap dan tahapan yang telah dilakukan tim pengamanan yang bertugas saat pelaksanaan pertandingan.

"Tim tentunya akan mendalami terkait prosedur dan tahapan-tahapan yang dilakukan satgas atau tim pengamanan yang melakukan tugas saat pelaksanaan pertandingan," kata Kapolri.

Pendalaman itu dilakukan pada penerapan prosedur tetap (protap) dan tahapan yang telah dilakukan tim pengamanan yang bertugas saat pelaksanaan pertandingan, termasuk upaya penyelamatan para pemain dari para supporter.

Listyo menjelaskan mendapat informasi bahwa aparat kepolisian melakukan upaya penyelamatan terhadap pemain, baik dari Arema maupun persebaya saat kejadian berlangsung.

Informasi ini akan menjadi poin yang akan didalami dan menjadi bagian dari proses investigasi.

Baca Juga: Profil dan Sejarah Stadion Kanjuruhan yang Menjadi Saksi Bisu Tragedi Tewasnya 125 Orang

"Semuanya akan kita dalami, ini menjadi satu bagian yang akan kita investigasi secara tuntas baik dari penyelenggara, pengamanan, dan pihak-pihak yang memang perlu kita lakukan pemeriksaan," ujar Listyo.

Ia juga mengatakan proses investigasi tersebut untuk memberikan gambaran jelas terkait peristiwa yang menelan 125 korban jiwa. Termasuk siapa yang harus bertanggung jawab atas kejadian.

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catat! Rute Iring-iringan Cap Go Meh di Kota Cirebon

Jumat, 3 Februari 2023 | 05:05 WIB