Hujan Es di Kuningan, BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem 3 Hari ke Depan

- Senin, 15 Agustus 2022 | 18:55 WIB
Warga menunjukkan gumpalan es di tangannya saat terjadi hujan es di Kuningan pada Minggu, 14 Agustus 2022. (Tangkapan layar video amatir warga.)
Warga menunjukkan gumpalan es di tangannya saat terjadi hujan es di Kuningan pada Minggu, 14 Agustus 2022. (Tangkapan layar video amatir warga.)

KUNINGAN, AYOCIREBON.COM— Fenomena hujan es di Kuningan, Jawa Barat, diprediksi berlangsung hingga 3 hari ke depan. Masyarakat diimbau waspada.

Sebelumnya, hujan es di Kuningan terjadi pada Minggu, 14 Agustus 2022 yang melanda sejumlah kawasan, antara lain Desa Kramatmulya dan Desa Gunung Keling di Kecamatan Cigugur, serta Desa Manis Kidul di Kecamatan Jalaksana.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Jatiwangi (BMKG Stasiun Jatiwangi) Majalengka meyebut, hujan es di Kuningan akibat suplai uap air dari wilayah Samudera Hindia ke wilayah Indonesia bagian barat yang signifikan.

"Hujan disertai es dan angin kencang terjadi di Desa Gunung Keling dan Desa Kramatmulya di Kecamatan Cigugur, serta Desa Manis Kidul di Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, pada 14 Agustus 2022 pukul 15.00 WIB," kata Prakirawan BMKG Stasiun Jatiwangi Majalengka, Senin, 15 Agustus 2022.

Pihaknya memperkirakan, kondisi tersebut akan berlangsung selama 3 hari ke depan.

Kondisi itu secara umum dipengaruhi adanya angin yang melewati wilayah Jawa Barat, bertiup dari arah timur hingga dari arah tenggara, dengan sirkulasi siklonik di utara Pulau Sumatera dan utara sekitar Selat Karimata.

"Kondisi ini berdampak secara tidak langsung, mengakibatkan terbentuknya konvergensi di dekat wilayah Jawa Barat, juga mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Jawa Barat," ujarnya.

Menurutnya, labilitas atmosfer di wilayah Jawa Barat berada pada kategori labil sedang hingga tinggi, sehingga mendukung peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan konvektif di sebagian wilayah Jawa Barat.

"Peringatan dini untuk waspada cuaca Jawa Barat pada pukul 12.46 WIB dan 14.38 WIB sudah dibuat oleh prakirawan Stasiun Klimatologi Jawa Barat," ungkapnya.

Peringatan dini mengacu pada cuaca ekstrem pada prospek cuaca mingguan sejak 10 Agustus 2022, salah satunya di wilayah Kabupaten Kuningan.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini