Semarak Agustusan Lewat Panjat Pinang, Perajin Bambu di Indramayu Panen Pesanan

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:26 WIB
Ilustrasi lomba panjat pinang saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. (Unsplash/Zoraya Project)
Ilustrasi lomba panjat pinang saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. (Unsplash/Zoraya Project)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM- Hari Kemerdekaan Indonesia identik dengan aneka lomba untuk menyemarakkannya, salah satunya lomba panjat pinang.

Setelah setidaknya 2 tahun terakhir peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia sepi dari perayaan akibat Pandemi Covid 19, kemeriahannya kembali bergaung pada 17 Agustus 2022 melalui aneka lomba, termasuk panjat pinang.

Lomba panjat pinang menjadi salah satu keseruan yang dinanti dalam peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, entah di lingkungan rumah hingga lingkungan kerja.

Keseruan lomba panjat pinang setidaknya muncul dari sensasi perebutan hadiah yang tergantung di bagian atas kayu.

Usaha orang - orang yang berusaha memanjat kayu yang licin sebab dilumuri pelumas atau oli kerap menimbulkan tawa.

Baca Juga: Komunitas Tionghoa dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia, dari Perang Kuning sampai Peristiwa Rengasdengklok

Begitu populernya lomba panjat pinang hingga berdampak pada para perajin bambu yang banyak menggantikan batang pohon pinang.

Seperti yang dialami Romdoni (32 tahun), pemilik usaha bambu di Blok Toang, Desa Telukagung, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Sejak akhir Juli sampai sekarang, pesanan pembuatan bambu panjat pinang terus berdatangan. Bahkan, hal itu juga masih terjadi saat Pandemi Covid 19 melanda 2 tahun terakhir.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini