Keunggulan Asuransi Mobil All Risk serta Premi Asuransinya, Cek di Sini

- Jumat, 13 Mei 2022 | 10:18 WIB
Keunggulan Asuransi Mobil All Risk serta Premi Asuransinya, Cek di Sini
Keunggulan Asuransi Mobil All Risk serta Premi Asuransinya, Cek di Sini

AYOCIREBON.COM -- Dalam asuransi mobil, ada dua jenis perlindungan yang biasa dipilih, yaitu asuransi All Risk atau comprehensif dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Sesuai namanya, asuransi mobil All Risk bisa memberikan proteksi yang menyeluruh dan komplit. Dengan mengambil paket asuransi All Risk, kamu bisa menikmati proteksi serta ganti rugi total dari kerusakan ringan, kerusakan berat, hingga kehilangan atau mobil dicuri.

Sedangkan asuransi TLO memberikan proteksi jika kendaraan mengalami kerusakan parah lebih dari 75 persen atau kehilangan mobil.

Untuk lebih jelasnya mengenai jenis asuransi mobil All Risk yang penting dimiliki untuk kendaraan kesayangan, bisa melihat dalam tabel premi asuransi mobil all risk berikut.

Premi Asuransi Mobil
Setelah mengetahui perbedaan asuransi mobil All Risk dan asuransi TLO, hal lain yang tak kalah penting diketahui adalah biaya atau rate asuransi mobil yang sudah diatur Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam Surat Edaran Nomor 6/SEOJK.05/2017.

Penetapan rate asuransi mobil ini dalam persentase tertentu yang sudah diatur OJK dikalikan dengan harga mobil. Jadi, semakin mahal harga mobil, premi yang harus dibayarkan pun semakin tinggi.

Berikut ini penetapan rate asuransi kendaraan bermotor yang menjadi biaya asuransi mobil terbagi atas:

  • Jenis asuransi
  • Jenis kendaraan
  • Kategori
  • Uang pertanggungan
  • Wilayah.

Rate Asuransi Mobil All Risk
Rate asuransi all risk ini lebih mahal dibandingkan dengan asuransi TLO. Risiko yang dijamin oleh asuransi TLO lebih sedikit dibandingkan dengan risiko yang ditanggung oleh asuransi all risk.

Baik perusahaan asuransi swasta maupun perusahaan asuransi BUMN yang menjual produk asuransi mobil all risk terikat dengan ketentuan tarif asuransi all risk nasional, yaitu pada kisaran 1,05-4,2 persen, tergantung harga mobil dan wilayah.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Artikel Terkait

Terkini