Miniso, Perusahaan Cina 'Berkedok' Jepang Ungkap Permintaan Maaf

- Senin, 29 Agustus 2022 | 16:24 WIB
Miniso Grage Mall Cirebon (Google/Sabirin)
Miniso Grage Mall Cirebon (Google/Sabirin)

AYOCIREBON.COM -- Perusahaan Miniso ungkap permintaan maaf lantaran mengklaim diri dan pemasaran produk dengan embel-embel 'toko dan produk asal Jepang'.

Bahkan, logo Miniso ditulis dalam huruf Katakana Jepang yang diucapkan sebagai "Meisou" sehingga banyak orang mengira perusahaan ini berasal dari Jepang.

Miniso juga mengakui strategi yang selama ini mereka terapkan dibalik topeng 'perusahaan Jepang' merupakan kesalahan besar.

Dikutip dari Suara.com, belakangan muncul gelombang protes konsumen terkait klaim Miniso yang menyerupai brand Jepang yang dimuat dalam The Guardian.

Baca Juga: 5 Fakta Kamaruddin Simanjuntak Bakal 'Kurung' Dirut Taspen Diduga Kelola Dana Capres 300 Triliun Rupiah

Pihak manajemen lantas menyampaikan permintaan maaf terkait hal itu. Miniso bahkan mengaku malu karena melakukan promosi dengan embel-embel berasal dari Jepang pada awal perkembangan usaha.

Kritik terhadap Miniso mulai banyak disampaikan sejak Juli lalu saat cabang Miniso Spanyol memposting foto-foto mainan Putri Disney di Instagram yang mengenakan cheongsam Cina.

Namun, Miniso justru memberi label boneka itu sebagai geisha Jepang.

Kesalahan promosi ini memunculkan kritik hingga respon negatif dari warganet di media sosial yang berdampak pada penurunan harga saham Miniso turun lebih dari 37%.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Workshop Bisnis bjb PESATkan UMKM Hadir di Lampung

Selasa, 31 Januari 2023 | 14:39 WIB

Ikuti Workshop Bisnis bjb PESATkan UMKM di Palembang

Selasa, 31 Januari 2023 | 14:21 WIB