8 Hal yang Biasa Dilakukan saat Imlek

- Jumat, 14 Januari 2022 | 09:36 WIB
Lampion menjadi salah satu dekorasi Imlek yang ikonik. (Unsplash/Humphrey Muleba)
Lampion menjadi salah satu dekorasi Imlek yang ikonik. (Unsplash/Humphrey Muleba)

AYOCIREBON.COM- Imlek adalah hari libur Cina yang paling banyak dirayakan di seluruh dunia. Di tahun 2022, Imlek kali ini akan dimulai dengan Tahun Macan yang akan jatuh pada 1 Februari.

Sebenarnya, setiap individu bisa memilih bagaimana cara mereka merayakan imlek berdasarkan preferensi, mitos, simbolisme, takhayul, kepercayaan, dan lokasi.

Namun, selama ini yang hampir semua orang lakukan dalam merayakan Imlek adalah waktu bersama keluarga dan makan makanan khas tahun baru, salah satunya kue Imlek.

"Sejarah mengatakan merayakan Tahun Baru Imlek di Tiongkok dimaksudkan untuk berdoa memohon berkah pertanian di tahun baru. Karena itu, memuja leluhur selalu menjadi hal yang paling utama," kata Jenny Leung, direktur eksekutif Pusat Kebudayaan Tiongkok di San Francisco, dikutip Ayo Cirebon dari Reader's Digest.

Di antara momen menghabiskan waktu bersama keluarga dan menyantap hidangan, seperti kue Imlek, ada beberapa hal yang biasa dilakukan orang - orang saat Imlek seperti berikut :

1. Bersih - bersih sebagai Persiapan Tahun Baru

Tahun baru dianggap sebagai awal yang baru dan segar, jadi membersihkan rumah adalah hal penting yang harus dilakukan dalam menyambut tahun baru.

Setiap tahun dipandang sebagai awal yang baru dan segar, jadi memulainya dengan rumah yang bersih adalah penting.

"Namun, ketika hari Imlek tiba, kamu dilarang melakukan bersih - bersih sama sekali, seperti menyapu, mengelap, mandi, dan mencuci baju. Tahun baru akan membawa keberuntungan yang artinya bersih - bersih hanya akan menghilangkan keberuntungan tersebut," ungkap Giannina Ong, pemimpin redaksi Mochi Magazine.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Dapatkan Primogems Cepat Genshin Impact 2.4

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:25 WIB
X