Kenapa Orang Habiskan Duit Triliunan untuk Belanja NFT?

- Senin, 24 Januari 2022 | 08:00 WIB
Setahun lalu, NFT cuma aset virtual tak jelas yang hanya diketahui ahli teknologi. Kenapa orang habiskan duit triliunan untuk belanja NFT?
Setahun lalu, NFT cuma aset virtual tak jelas yang hanya diketahui ahli teknologi. Kenapa orang habiskan duit triliunan untuk belanja NFT?

AYOCIREBON.COM-Popularitas Non Fungible Token (NFT) di tanah air belakangan menanjak seiring histeria fenomena Ghozali Everyday. Dia menjadi jutawan gara-gara menjual NFT series fotonya di OpenSea. Fenomena ini menyingkap tabir gejala zaman kiwari, bahwa ada orang-orang di luar sana yang rela mengeluarkan duit, bahkan hingga triliunan, demi membeli aset NFT. Kenapa orang habiskan duit triliunan untuk belanja NFT?

Dikutip dari republika.co.id, dipaparkan bahwa setahun yang lalu, NFT adalah aset virtual yang tidak jelas yang hanya diketahui oleh para ahli teknologi. Kini, NFT semakin populer.

Lantas, saat ini, kenapa ada orang yang rela habiskan duit triliunan hanya untuk belanja NFT?

Baca Juga: Daftar 5 Game NFT Penambang Uang Kripto, Gratis Dimainkan!

Barang berharga tak selalu ada dalam dunia nyata. Di dunia digital, salah satu aset yang berharga adalah kepemilikan NFT. Non Fungible Token (NFT) adalah teknologi kripto seperti sertifikat digital yang menyatakan pihak memiliki foto, video, atau bentuk virtual lain.

Aset-aset NFT tercatat dalam blockchain atau buku besar digital yang mirip dengan jaringan mendukung Bitcoin. Bitcoin diperkirakan telah menghasilkan lebih dari 100 juta jutawan. Jadi, tidak heran, NFT menjadi fenomenal pada bulan Maret. Saat itu, bitcoin mencapai 60 ribu dolar Amerika, naik lebih dari 500 persen dalam enam bulan.

Barang yang sangat mahal ini digandrungi oleh orang kaya demi simbol status. Misal, Bored Ape Yacht Club (BAYC) adalah kumpulan 10 ribu NFT kera. Versi langkanya telah terjual lebih dari satu juta dolar Amerika tetapi versi umum terjual sekitar 200 ribu dolar Amerika.

BAYC dimiliki oleh orang-orang, seperti Steph Curry dan Jimmy Fallon dan koleksinya kerap sebagai foto profil. Tujuan utama dari gambar tersebut adalah untuk digunakan sebagai foto tampilan di Discord, tempat sebagian besar bisnis NFT turun atau di Twitter, Instagram, dan media sosial lain.

Baca Juga: Download Axie Infinity APK Gratis, Game NFT Penghasil Uang Kripto!

Dilansir CNet, Senin (20/12), Analis di Perusahaan Riset Cryptocurrency Delphi Digital Alex Gedevani mengatakan pencapaian simbol status tidak khusus untuk orang kaya. Semua orang memuaskan diri dengan berbagai cara. Yang berbeda adalah audiensi dari suatu bentuk simbol status.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Syarat Wajib Haji yang Harus Dipenuhi

Senin, 4 Juli 2022 | 17:25 WIB