Begini Panduan Sahur dan Buka Puasa Penderita Diabetes Melitus

- Jumat, 1 April 2022 | 17:28 WIB
Ilustrasi gula. (Pixabay/Myriams-Fotos)
Ilustrasi gula. (Pixabay/Myriams-Fotos)

KESAMBI, AYOCIREBON.COM- Simak panduan sahur dan buka puasa penderita diabetes melitus (DM).

Penyakit diabetes melitus merupakan gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah, disertai gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin.

Penderita diabetes disarankan tak sembarangan mengonsumsi berbagai jenis makanan agar kadar gula darah dalam darahnya tidak naik.

Beberapa makanan yang pantang dikonsumsi penderita diabetes antara lain gorengan / makanan apapun yang digoreng, makanan cepat saji, hingga minuman beralkohol.

Lantas, bagaimana sebaiknya pola konsumsi makanan bagi penderita diabetes saat sahur dan buka puasa penderita diabetes melitus ?

Berikut panduan sahur diabetes dan buka puasa penderita diabetes melitus oleh dr. Sulistiana Sp.PD, dokter spesialis penyakit dalam RSIA Cahaya Bunda, Kota Cirebon melalui tayangan langsung di Instagram @rsiacahayabunda pada 16 Maret 2022.

Saat sahur, kata Listiana, penderita diabetes disarankan mengonsumsi nasi dengan porsi setara dengan sekepal tangan penderita.

"Banyakin sayur sebagai pelengkap makan saat sahur," katanya.

Menurutnya, penderita diabetes dibolehkan mengonsumsi gorengan saat sahur, dengan catatan hanya semacam.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini