Bacaan Doa Nuzulul Quran, Lengkap Tulisan Arab dan Latin beserta Terjemah

- Selasa, 19 April 2022 | 17:44 WIB
Bacaan Doa Nuzulul Quran, Lengkap Tulisan Arab dan Latin beserta Terjemah (freepik)
Bacaan Doa Nuzulul Quran, Lengkap Tulisan Arab dan Latin beserta Terjemah (freepik)

AYOCIREBON.COM -- Simak bacaan doa Nuzulul Quran dalam tulisan Arab dan Latin yang dilengkapi dengan terjemah bahasa Indonesia.

Nuzulul Quran adalah salah satu peristiwa yang terjadi di bulan Ramadhan, yakni diturunkannya Alquran pada hari ke-17 Ramadhan.

Melansir NU Online, peringatan Nuzulul Quran setiap hari ke-17 Ramadhan mengacu pada peristiwa turunnya wahyu pertama Allah SWT kepada Rasulullah SAW di Gua Hira.

Wahyu Allah SWT yang turun untuk pertama kalinya kepada Rasulullah SAW yaitu Alquran surat Al Alaq ayat 1 sampai 5 yang berbunyi sebagai berikut ini.

Baca Juga: Latihan Soal SBMPTN 2022 serta Kunci Jawaban TPS Pemahaman Bacaan Bagian 3

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ. خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ. اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ. الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ. عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

Artinya: "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya."

Dalam memperingati Nuzulul Quran, umat Muslim dianjurkan untuk membaca dan mengamalkan Alquran, itikaf di masjid, mengerjakan sholat malam, dan membaca doa.

Lantas, bagaimana bacaan doa Nuzulul Quran yang dapat dibaca di malam ke-17 bulan Ramadhan?

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tes IQ Visual: TEBAK ANGKA di Papan Tulis

Senin, 8 Agustus 2022 | 12:16 WIB