Bersikap Dramatis? Waspadai Histrionic Personality Disorder

- Rabu, 29 Juni 2022 | 12:31 WIB
Gangguan kepribadian histrionik, jenis gangguan yang kepribadiannya bergantung pada persetujuan orang lain (Pexels/cottonbro)
Gangguan kepribadian histrionik, jenis gangguan yang kepribadiannya bergantung pada persetujuan orang lain (Pexels/cottonbro)

AYOCIREBON.COM - Saat melihat aktor bermain di film, drama, atau sejenisnya sering membuat kita terpesona dengan kemampuan aktingnya. Bagaimana tidak? Ia berhasil membuat kita baper, dari mulai marah hingga menangis tersedu-sedu dengan kemampuannya.

Tetapi bagaimana jika kita menemukan orang yang dramatis di kehidupan nyata?

Baca Juga: Dari Heavy Metal hingga Country, Begini Kepribadian Berdasarkan Selera Musik

Sebagian dari kita mungkin merasa tak nyaman, bahkan memilih untuk menjauhinya. Namun tahukah kamu, kalau bersikap dramatis adalah salah satu ciri gangguan kepribadian histrionik?

Supaya lebih jelas, yuk, simak uraiannya di bawah ini!


Pengertian Histrionic Personality Disorder

Dilansir dari WebMD, gangguan kepribadian histrionik (Histrionic personality disorder/HPD) adalah salah satu gangguan kepribadian kelompok “Cluster B” atau “Dramatis.

Harga diri orang dengan kepribadian ini bergantung pada persetujuan orang lain, bukan berasal dari diri sendiri. Keinginan mereka untuk diperhatikan sangat besar hingga sering berperilaku dramatis untuk mendapatkannya. Histrionik berarti “dramatis atau teatrikal”.


Gejala Histrionic Personality Disorder

Keterampilan sosial pengidap HPD sangat baik. Namun sayangnya, digunakan untuk memanipulasi orang lain. Selain itu mereka juga tidak konsisten saat mengerjakan tugas cenderung memulai, tetapi tidak menyelesaikannya.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: WebMD, verywellmind.com, PsychCentral

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tes IQ Visual: TEBAK ANGKA di Papan Tulis

Senin, 8 Agustus 2022 | 12:16 WIB