4 Amalan di Bulan Dzulhijjah yang Dapat Dilakukan Umat Muslim Menjelang Idul Adha 1443 Hijriah

- Kamis, 30 Juni 2022 | 14:56 WIB
4 Amalan di Bulan Dzulhijjah yang Dapat Dilakukan Umat Muslim Selain Puasa Arafah (Pexels/Ali Arapo─člu)
4 Amalan di Bulan Dzulhijjah yang Dapat Dilakukan Umat Muslim Selain Puasa Arafah (Pexels/Ali Arapo─člu)

AYOCIREBON.COM -- Menjelang Idul Adha 1443 Hijriah, banyak amalan-amalan di bulan Dzulhijjah yang meskipun sunnah tapi dapat mendatangkan banyak pahala apabila dikerjakan.

Bulan Dzulhijjah seringkali disebut juga dengan bulan haji atau bulan kurban. Hal ini karena hanya pada bulan tersebutlah seluruh umat Islam melaksanakan rukun Islam kelima, yaitu ibadah haji bagi yang mampu.

Meski begitu, banyak amalan di bulan Dzulhijjah lainnya yang dapat dikerjakan oleh umat Islam untuk memupuk pahala selain melakukan ibadah haji.

Baca Juga: Teks Khutbah Idul Adha 2022 NU Online Tentang Belajar dari Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS

Bahkan, umat Islam sangat dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan di bulan Dzulhijjah. Lantas, apa saja ibadah yang dapat dikerjakan tersebut?

Berikut amalan di bulan Dzulhijjah yang bisa dikerjakan umat Islam disertai hadis yang menerangkannya dikutip dari laman almanhaj.or.id.

1. Puasa pada sembilan hari pertama

Amalan pertama yang bisa dilakukan saat bulan Dzulhijjah adalah berpuasa. Diriwayatkan oleh salah seorang istri Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan:

"Adalah Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan puasa sembilan hari bulan Dzulhijjah" [HR. Abu Daud dan Nasa’i. Hadits ini dinilai shahih oleh Syaikh al-Albani rahimahullah dalam Shahih Sunan Abi Daud, no. 2129 dan Shahih Sunan Nasa’i, no. 2236].

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini